Selasa 05 Oct 2021 17:49 WIB

Tradisi Maulid Nabi Muhammad di Arab Saudi

Tradisi Maulid Nabi Muhammad di Saudi Arab.

Rep: Ratna ajeng tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Tradisi Maulid Nabi Muhammad di Arab Saudi. Foto:   Ilustrasi Nabi Muhammad SAW
Foto: MGROL100
Tradisi Maulid Nabi Muhammad di Arab Saudi. Foto: Ilustrasi Nabi Muhammad SAW

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Maulid Nabi adalah perayaan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Di Indonesia acara maulid Nabi biasa diselenggarakan di masjid atau taklim dengan ceramah dan zikir bersama. 

Namun di beberapa negara, perayaan maulid nabi dilakukan dengan cara yang berbeda.  Meski secara nasional, maulid nabi tak pernah dirayakan, namun wilayah Hijaz di Arab Saudi bagian barat, banyak orang menganggap Rabiul awal patut  dirayakan. Biasanya umat Islam di wilayah ini merayakan dengan melakukan berbagai kegiatan amal sepanjang bulan, membagikan makanan kepada orang miskin dan menyumbangkan uang kepada organisasi lokal.  

Baca Juga

Namun, perhatian khusus didedikasikan untuk malam ke-12, Maulid. 

 “Ini adalah perayaan sederhana di mana kami berkumpul untuk mendengar Sirah (Kehidupan) dan mendengarkan Madh (Pujian) yang telah ditulis untuknya, yang memiliki banyak sumber dalam puisi dan prosa,” kata Usama Al-Kubaisi kepada Arab News.  

Karena membaca teks prosa dalam kelompok itu membosankan, mereka biasanya bersama-sama membaca puisi, membaca doa kepada Nabi dan mengingat kisah akhlak dan berkah dari pesannya.

Tidak ada satu cara atau satu teks yang digunakan dalam perayaan ini.  Penulisan Maulid beragam dan mengumpulkan aliran pemikiran yang berbeda, termasuk Sufi, Syafii, Hanafi dan bahkan Hanbali.  Teks biasanya menceritakan kisah hidupnya secara rinci, dari kelahirannya melalui semua peristiwa dalam hidupnya sampai kematiannya, menyebutkan penampilan, moral dan perbuatan mulia untuk mengingatnya dan mengikuti teladannya.

Beberapa teks paling terkenal yang dibaca selama Maulid di Arab Saudi adalah oleh Al-Sakhawi, Al-Barzanji, dan Al-Qawuqji, yang menggambarkan karakteristik dan sosok Nabi. 

Dalam Islam, muslim memiliki filosofi zikir, sebagai obat untuk kelupaan manusia yang mengakar.  

"Oleh karena itu, setiap orang selalu membutuhkan sesuatu untuk membuat kita mengingat, menarik perhatian kembali pada diri kita sendiri, bertanya-tanya tentang kebenaran kita, dan melihat apa yang sebenarnya memenuhi hati dan pikiran kita, harapan dan tujuan kita.  Acara seperti Maulid memainkan peran yang sama dalam kehidupan seorang Muslim,” kata Al-Kubaisi.

 

“Di Arab Saudi, Maulid dirayakan sebagian besar oleh para sufi atau pengagum praktik sufi di Kerajaan tetapi tidak terbatas pada mereka.  Namun, itu tidak diterima oleh Salafi," ujar seorang salaf, Fadhel, dari Jeddah .

 

Beberapa keluarga terkenal di Hijaz merayakannya dan mengadakan pertemuan tahunan seperti di rumah ulama Muhammad Alawi Al-Maliki. Fadhel mempelajari tentang kisah maulid nabi di sekolah Islam.

Akhirnya dia  percaya pada kebolehan perayaan Maulid karena mempromosikan cinta, kebaikan, dan kasih sayang.  Dia sekarang mengundang teman-temannya untuk bergabung dengan pertemuan ini setiap tahun.

Dia mengatakan bahwa perayaan Maulid lebih terkesan jika dirayakan beramai-ramai.  Namun, seseorang dapat merayakannya sendiri atau bersama keluarga dengan mempraktekkan segala bentuk ibadah atau ekspresi kegembiraan pada hari itu, seperti membaca kehidupan Nabi, puisi populer tentang dia, berdoa untuknya dan membuat  sumbangan atau membagikan permen.

 “Tidak terbatas pada laki-laki saja, perempuan juga merayakannya dengan melakukan kegiatan yang sama,” kata Fadhel, “

Keluarga bisa membuat perayaannya sendiri, di mana laki-laki dan perempuan berkumpul untuk membaca dan mengaji bersama sebagai wujud kebahagiaan dan halal  kegembiraan.

Yaman Fattouh, dari Madinah, berasal dari keluarga dengan keturunan Sufi.  Dia dibesarkan dengan perayaan Maulid sejak usia muda.

“Saya beruntung memiliki masa kecil yang tumbuh dengan kisah-kisah Nabi dan melayani orang-orang yang berkumpul untuk mengingat karakter mulianya, yang pasti telah memengaruhi hidup saya dengan indah,"ujar dia.

Dia menjelaskan bahwa meskipun kata Maulid mengacu pada hari kelahiran Nabi, itu juga mengacu pada perayaan yang biasa terjadi beberapa kali dalam setahun di Madinah, terutama pada musim haji dan umrah, di mana para jamaah juga ikut ambil bagian.

"Ada berbagai tempat dan masjid yang biasa melakukan kegiatan seperti itu, dan peziarah dari berbagai negara Arab dan Muslim juga akan bergabung seperti kelompok dari Mesir, Maroko, dan Suriah juga akan berbagi gaya dan nyanyian Maulid mereka,” kata Fattouh.

Sumber:

https://m.eyeofriyadh.com/news/newsdetail-test.php?newsid=117162

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement