Pemkab Madiun Dorong Pelaku UMKM Miliki Sertifikat Halal

Selasa , 05 Oct 2021, 22:09 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Pemkab Madiun Dorong Pelaku UMKM Miliki Sertifikat Halal
Pemkab Madiun Dorong Pelaku UMKM Miliki Sertifikat Halal

IHRAM.CO.ID, MADIUN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun, Jawa Timur mendorong semua pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki sertifikat halal sehingga mendapat kepercayaan konsumen dan semakin mudah memasarkan produk.

 

Terkait

"Ini yang menjadi target kita, bahwa seluruh produk UMKM di Kabupaten Madiun setelah ada izin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) dan BPOM harus ditambah label halal. Hal ini akan kita lakukan dan kita permudah semuanya, termasuk perizinan mengurusnya semua gratis," ujar Bupati Madiun Ahmad Dawami dalam kegiatan penyerahan sertifikat halal dari Kemenag Kabupaten Madiun bagi 71 UMKM setempat di Pendopo Muda Graha Madiun, Selasa (5/10).

Baca Juga

Menurut dia, keberadaan UMKM sangat penting di Kabupaten Madiun. Hal itu karena UMKM ikut meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Madiun.

Karenanya, keberadaan usaha kecil tersebut wajib untuk terus diperhatikan. Ahmad bersama pihak terkait terus berupaya agar semua produk yang dihasilkan UMKM Kabupaten Madiun ada jaminan kesehatan, higienisnya, dan jaminan halalnya.

Hal itu supaya para konsumen merasa aman jika membeli produk dari UMKM Kabupaten Madiun. "Salah satu pemberian sertifikat halal dapat dilakukan bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Madiun melalui program Sehati atau Sertifikasi Halal Gratis," katanya.