Rabu 06 Oct 2021 20:28 WIB

Al Kabir, Yang Maha Besar

Dalam Alquran, kata Al Kabir dikontekskan paling tidak dalam empat tema.

Al Kabir, Yang Maha Besar
Foto: ANTARA FOTO/YUSUF NUGROHO
Al Kabir, Yang Maha Besar

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Mohammad Damami Zain, Dosen Tetap UIN Suka Yogyakarta

JAKARTA -- Dalam Alquran, kata “al-kabir” dikontekskan paling tidak dalam empat tema. Pertama, tema “bukti-bukti kebesaran Allah SWT”. Dalam tema ini ditegaskan bahwa Allah SWT mengetahui dengan sedetail-detailnya tentang segala hal yang bersifat gaib (tidak kasat mata, metarasional, tidak tersentuh syaraf tubuh makhluk) dan yang bersifat lahiriyah, syahadah (kasat mata, rasional, tersentuh syaraf tubuh makhluk) (QS Ar-Ra’d, 13: 9).

Baca Juga

Kedua, tema “Allah SWT adalah benar-benar ‘ada’”. Dalam pemahaman in, maka tidak ada celah sedikitpun manusia mempertuhan selain Allah SWT. Kalau Allah SWT adalah Tuhan yang “Sungguh-sungguh benar” , maka tindakan mencari Tuhan atau mempertuhankan selain dari Allah SWT adalah tidakan pencarian dan cara berketuhanan yang “batal”. (QS Al-Hajj, 22: 62; QS Luqman, 31:30).

 

Ketiga , tema “hak prerogatif pemberian syafaat”. Hanya Allah SWT yang memiliki hak tersebut, karena Allah SWT adalah Tuhan yang “sungguh-sungguh benar”, yang memiliki sifat Maha Tinggi, Maha Besar (QS Saba’, 34:23). Dalam agama Islam diajarkan bahwa Allah SWT hanya memberi hak memberi syafaat tersebut kepada nabi Muhammad SWT, terutama pemberian syafaat terhadap umat beliau, yaitu mukmin, muslim, dan muhsin.

Keempat, tema “ke-Esaan Allah SWT adalah segala-galanya”. Tema ini adalah khas dari agama Islam, tema ini juga menjadi ujung dakwah agama  Islam, menjadi warna seluruh ajaran agama Islam, dan menjadi ciri utama agama Islam ditengah-tengah pergaulan antaragama didunia ini, kapan saja dan dimana saja. Siapapun yang mencoba menolak tema “ke-Esaan Allah SWT” tidak akan pernah mampu meruntuhkan Allah SWT dan Allah SWT tidak tergoyahkan sedikitpun atas penolakan manusia, andaikata ada yang mencoba melakukannya; Allah s.w.t masih tetap “Maha Besar” didepan mereka yang demikian itu (QS Al-Mu’min, 40: 12).

Berdasarkan uraian yang berlandaskan ayat-ayat Alquran di atas, dapat diringkaskan bahwa “kebesaran Allah SWT” berdasarkan alasan : (1) bukti kekuasaan yang tidak akan bisa ditandingi ; (2) bukti “ada”-Nya yang beralas argumentasi yang benar-benar kuat (sungguh-sungguh”ada”) ; (3) bukti pemegang hak prerogatif atas “syafaat” pada Hari Kiamat nanti ; dan (4) bukti “ke-Esaan Allah SWT” yang tidak akan bakal dapat digoyang, digulingkan, atau dirobohkan oleh kemampuan logika manusia kapanpun dan dimanapun. Argumentasi apapun akan dengan sendirinya gugur dan tidak ada kemampuan untuk menegakkannya kembali.

Barangkali inilah rahasiannya kenapa sholat dimulai dengan bacaan “takbirat al-ihram” (allahu akbar) dan disunnahkan selepas shalat membaca berulang masing-masing sebanyak 33 (tiga puluh tiga) kali bacaan “tasbih” (subhana-‘i-llah) , bacaan “tahmid” (alhamdu li-‘l-llah), dan bacaan “takbir” (allahu akbar), serta diakhiri dengan bacaan “tahlil” (la ilaha illa-‘l-llah). Wallahu a’lam bishshawab.

Sumber: Majalah SM Edisi 22 Tahun 2018

Link artikel asli

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement