Rabu 06 Oct 2021 20:44 WIB

Sejarah Panjang China-Dunia Islam di Lourve Abu Dhabi

Sejarah Panjang China-Dunia Islam di Lourve Abu Dhabi

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Sejarah Panjang China-Dunia Islam di Lourve Abu Dhabi. Foto: Museum Louvre Abu Dhabi
Foto: Saudi Gazette
Sejarah Panjang China-Dunia Islam di Lourve Abu Dhabi. Foto: Museum Louvre Abu Dhabi

IHRAM.CO.ID,ABU DHABI—Wadah wudhu dari abad ke-14 yang terbuat dari paduan tembaga bertatahkan perak dipajang dalam pameran di Louvre Abu Dhabi yang dibuka pada Rabu (6/10). Wadah logam itu dipercaya berasal dari suatu tempat di perbatasan Mesir dan Suriah, menjadi contoh utama keahlian tangan dari era Kesultanan Mamluk, sebuah negara independen terakhir di Mesir sebelum pendirian Dinasti Muhammad Ali pada 1805. Wadah itu menyertakan kaligrafi Arab tebal di dinding bagian dalam wadah, sedangkan di luarnya terdapat ukiran bunga teratai yang banyak digunakan dalam seni Tiongkok. 

Disampingnya, terdapat wadah porselen yang dibuat seabad setelahnya di China. Wadah itu berhias desain bunga biru kobalt, karya ini memiliki bentuk dan warna Islami yang unik dan tetap mencirikan karya seni khas China. Kedua artefak itu menjadi bukti hubungan dunia Islam dan Asia Timur yang telah berjalan selama berabad-abad. 

Baca Juga

Bukan hanya itu, sejumlah peninggalan seperti lukisan, peralatan perak, manuskrip, dan kain mewah yang mencirikan pengaruh kedua wilayah selama hampir 1.000 tahun juga dipajang dalam pameran. Pameran ini menyatukan 240 karya seni dari 14 institusi di China dan Prancis untuk menelusuri pertukaran budaya antara Asia Timur dan dunia Islam dari abad ke-8 hingga ke-18. 

Kekuatan kedua wilayah itu juga disimbolisasikan dengan lambang Naga dan Phoenix, naga merepresentasikan budaya China sedangkan Phoenix mewakilkan dunia Islam. “Ini adalah kisah dua peradaban yang bertemu dan bertukar melalui jalan darat dan laut. Kisah ide, barang, karya seni, dan bahan mentah yang dipertukarkan di sepanjang jalan itu,” jelas Souraya Noujaim, direktur manajemen ilmiah, kuratorial dan koleksi di Louvre Abu Dhabi, mengatakan kepada The National. 

“Ini adalah kisah yang tak terhitung, kisah yang sangat kaya antara China dan tanah Islam. Dikurasi dalam lima bagian, pameran dimulai pada abad ke-8, sekitar waktu pertemuan antara Kekhalifahan Abbasiyah dan Dinasti Tang”, katanya, seraya mengungkapkan dukungannya untuk Sophie Makariou, presiden Musee Guimet, dalam kurasi pameran, bersama Guilhem Andre, juga dari Louvre Abu Dhabi.

Sebelum masuk ke ruang interaktif Dragon and Phoenix, pengunjung akan disambut oleh deretan figura terakota dari abad ke-7. Koleksi ini menampilkan sosok-sosok dengan beragam ekspresi dalam balutan pakaian warna-warni, figur yang dapat ditemui di sepanjang Jalur Sutra. Lebih khusus lagi, koleksi ini memamerkan figur unta dari tanah polikrom, yang dibuat sebagai potongan pemakaman di China utara selama dinasti Tang.

“Bagian figur terakota membawa kita ke Jalur Sutra,” kata Andre, kepala kurator Seni Asia dan Abad Pertengahan. “Rute pertukaran ini tidak hanya tentang perdagangan barang tetapi juga ide dan agama antara China dan negara-negara Islam.”

Jalur Sutra adalah jaringan jalur laut dan darat yang dibangun sekitar tahun 130 SM, ketika Dinasti Han di Tiongkok membuka perdagangan dengan Barat. Jalur Sutra, kata Andre, mencapai puncaknya pada abad ke-8, dan akan menjadi pijakan bagi perkembangan pertukaran budaya yang akan datang.

Selain itu, ada pula tembikar dari berbagai daerah yang memamerkan teknik glasir tiga warna yang sering dikaitkan dengan dinasti Tang, sedangkan keramik dari China yang mengadaptasi teknik dari Mesir kuno yang populer selama era Abbasiyah.

“Teknik itu diekspor ke China, yang memanfaatkannya dengan baik,” jelas Andre.

Beralih ke bintang utama pameran, Phoenix dan naga, yang merupakan representasi permaisuri dan kaisar dalam ikonografi kekaisaran Tiongkok dan mulai muncul dalam dekorasi Timur Islam. Di antara yang menarik dari bagian ini adalah cangkir emas dengan pegangan berbentuk naga, dibuat beberapa waktu selama pemerintahan dinasti Yuan di abad ke-13. Karya seni diatur di samping variasi yang lebih besar dan lebih bulat yang terbuat dari batu giok hitam, dilengkapi pegangan dengan ukiran naga. Karya ini berasal dari Asia Tengah atau Iran dan berasal dari paruh kedua abad ke-15.

Bagian ini juga menunjukkan kerajinan China yang khusus dibuat untuk pasar Islam. Ini termasuk piring saji porselen abad ke-14 yang besar, yang dihiasi dengan geometri yang sering ditemukan dalam desain Islam. Wadah dan piring berkepala Phoenix dengan hiasan ikan juga membawa kisah kerajinan lintas budaya, di mana tembikar China, yang terinspirasi oleh Timur Tengah, mulai menggunakan oksida tembaga untuk mewarnai glasir pirus tembus cahaya, menjaga hiasan di bawahnya tetap terlihat.

Usaha komersial antara China dan dunia Islam pertama kali dipromosikan pada abad ke-15 ketika Dinasti Ming memperkuat kekuasaannya atas Asia Timur. Awalnya, pengaruh Cina pada seni Timur Islam dibawakan dalam tema pertempuran antara binatang-binatang fantastik, seekor hewan chimerical berapi-api yang dikenal sebagai qilin adalah contoh khasnya, banyak ditemukan dalam ilustrasi dan brokat di seluruh pameran.

Di periode setelahnya, ketika perdagangan meningkat antara China dan kekaisaran Ottoman, para seniman mulai terinspirasi oleh keramik dan tekstil Cina, menggabungkan praktik artistik mereka sendiri dengan bahan-bahannya. Dragon and Phoenix juga mengeksplorasi hubungan antara kaligrafi China dan tulisan Arab dari Quran. Ada panel dengan puisi penyair Persia abad ke-14 Hafez yang ditulis dalam kaligrafi China dan Al-Qur'an abad ke-17 yang ditulis oleh penyalin China anonim.

“Seni menulis adalah sesuatu yang dimiliki bersama antara dua peradaban,” kata Andre. “Penggunaan kaligrafi sebagai seni hampir menghilang dari Dunia Barat setelah meningkatnya penggunaan teknik cetak. Tapi itu tetap menjadi bentuk utama seni di peradaban China dan Islam.”

Pameran ini berakhir pada abad ke-18 ketika pengaruh budaya dan ekonomi Eropa mulai mengontaminasi. Pada saat itu, para penjelajah Barat telah memantapkan posisi yang semakin penting dalam jalur perdagangan regional, bahkan antara dunia Islam China dan Timur.

Tapi Dragon and Phoenix tidak memudar dan tetap meninggalkan pengalaman dan kesan mendalam bagi orang dewasa maupun anak-anak. “Instalasi ini dimaksudkan untuk membantu orang menemukan motif-motif ini dengan cara baru,” kata Andre. “Untuk menciptakan pengalaman yang mencakup karya seni dan meninggalkan kesan abadi.”

 

Sumber

https://www.thenationalnews.com/arts-culture/art/2021/10/05/a-first-look-at-louvre-abu-dhabis-new-show-on-china-and-the-islamic-world/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement