Kamis 07 Oct 2021 08:14 WIB

WHO: Kasus Kematian Covid-19 Menurun Sejak Agustus

Wilayah Afrika melaporkan penurunan kematian mingguan tertinggi.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi virus corona.
Foto: Pixabay
Ilustrasi virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan kasus kematian akibat virus corona menurun sejak Agustus 2021 di seluruh dunia. Namun, pihaknya tetap menyarankan masyarakat untuk tetap terapkan protokol kesehatan.

"Semua wilayah melaporkan penurunan jumlah kasus baru minggu ini, selain dari wilayah Eropa yang melaporkan jumlah yang sama dengan minggu sebelumnya," kata WHO dikutip dari usnews, pada Kamis (7/10).

Baca Juga

Kemudian, sebagian besar wilayah juga menunjukkan penurunan besar dalam kematian Covid-19 kecuali Amerika dan Eropa. Dua wilayah itu melaporkan jumlah kematian yang sama dibandingkan minggu-minggu sebelumnya. Wilayah Afrika melaporkan penurunan kematian mingguan tertinggi.

"AS melaporkan kasus virus corona baru terbanyak di negara mana pun.  Namun, infeksi nasional dan rawat inap terus menurun.  Negara ini melampaui angka kematian Covid-19 sebesar 700 ribu minggu lalu," kata WHO.

Sementara itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan bahwa 44 persen orang Amerika belum sepenuhnya divaksinasi.  Dan dengan lonjakan terbaru pada penurunan, pejabat kesehatan mendesak yang tidak divaksinasi untuk mendapatkan suntikan.

"Ketika kasus-kasus ini turun, hal terpenting yang dapat kami lakukan adalah terus mempraktikkan strategi mitigasi yang kami tahu berhasil. Tentu saja, itu dengan mencuci tangan, menjaga jarak, terdapat ventilasi di setiap rumah atau gedung. Yang sangat penting adalah vaksinasi," kata Direktur CDC Rochelle Walensky.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement