Kamis 07 Oct 2021 08:38 WIB

Sekjen MUI: Universitas SiberMu, Sambut Era Iindustri 4.0

Universitas SiberMu diharapkan dapat mengisi kekosongan nilai dalam dunia maya

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Esthi Maharani
Sekretaris Jenderal (Sekjen) MUI, KH Amirsyah Tambunan
Foto: dok. Istimewa
Sekretaris Jenderal (Sekjen) MUI, KH Amirsyah Tambunan

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (Sekjen MUI) Amirsyah Tambunan memberikan apresiasi kepada persyarikatan Muhammdiyah karena telah bekerja keras mengisi dunia maya melalu pendirian Universitas SiberMu. Menurutnya ini langkah konkret dan bukan sekadar retorika dari Muhammadiyah dalam menyambut era revolusi industri 4.0.

"Semangat dan kerja keras persyarikatan Muhammadiyah tiada henti untuk berkarya dan berkiprah," ujar dia dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (6/10).

Melalui keberadaan Universitas SiberMu, Amirsyah berharap akan dapat mengisi kekosongan nilai dalam dunia maya. Dia memaparkan, dewasa ini dunia maya  cendrung bebas nilai, sehingga maraknya berita hoaks, fitnah dan adu-domba (namimah).

Menurutnya, konsep maya harus dapat dijadikan media pembelajaran  yang efektif dan efisien. Keberadaan dunia maya di era 4.0 tak bisa dianggap sepele. Dunia digital, daring, dan dunia sistem informasi harus berdasarkan nilai di revolusi 4.0. Sebab bila tidak, akan menjadi bumerang bagi kehidupan manusia.

"Berdasarkan era 4.0 kita harus mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mencerdaskan dan mencerahkan sehingga terhindar dari destruktif," ucapnya.

PP Muhammadiyah resmi meluncurkan Universitas Siber Muhammadiyah (SiberMu). Universitas ini merupakan perguruan tinggi yang digagas Muhammadiyah menggunakan modul tunggal Pendidikan Jarak Jauh.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir bersyukur dan berterima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung pengajuan izin tersebut. Dia menekankan, Muhammadiyah mampu menempuh jalur resmi, legal, obyektif, dan mengikuti sistem.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement