Kamis 07 Oct 2021 11:48 WIB

Imam Besar Al Azhar Desak Masyarakat Perangi Perubahan Iklim

40 pemimpin agama mendesak masyarakat dunia perangi perubahan iklim

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Imam Besar Al Azhar
Foto: Arab News
Imam Besar Al Azhar

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Imam Besar Al-Azhar Ahmed El-Tayyeb, Paus Fransiskus, dan 40 pemimpin agama lain mendesak masyarakat di dunia untuk memerangi perubahan iklim. Mereka menyerukan agar permasalahan ini segera diatasai.

Mereka mengajukan banding pada 4 Oktober dalam pesan bersama yang ditandatangani di Aula Doa Vatikan. Seruan tersebut ditujukan kepada pemerintah yang berpartisipasi dalam Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP26) ke-26 mendatang di Glasgow, Skotlandia pada 31 Oktober hingga 12 November nanti.

Dalam konferensi itu, para partisipan menyerukan tindakan politik internasional yang tegas untuk memerangi perubahan iklim. Tindakan ini termasuk memulihkan dan menyembuhkan bumi.

“Dunia disebut mencapai emisi nol karbon bersih sesegera mungkin dengan negara-negara kaya memimpin dalam mengurangi emisi dan dalam mendanai pengurangan emisi dari negara-negara miskin,” kata mereka dalam seruan 2.000 kata yang ditandatangani oleh hampir 40 pemimpin agama.

 

Bersama para pemimpin agama dunia lainnya, El-Tayyeb dan Paus Fransiskus membahas inisiatif yang dihasilkan dari Dokumen Persaudaraan Manusia yang dirilis pada tahun 2019 dengan tujuan memperkuat prinsip koeksistensi.

Pandangan Islam soal perubahan iklim

Dari perspektif Islam, aktivisme lingkungan didasarkan pada penghormatan terhadap hubungan antara diri sendiri, Allah, dan ciptaan Allah. Dalam surat Al-An’am ayat 165 Allah befirman

وَهُوَ الَّذِيْ جَعَلَكُمْ خَلٰۤىِٕفَ الْاَرْضِ وَرَفَعَ بَعْضَكُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجٰتٍ لِّيَبْلُوَكُمْ فِيْ مَآ اٰتٰىكُمْۗ اِنَّ رَبَّكَ سَرِيْعُ الْعِقَابِۖ وَاِنَّهٗ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ ࣖ

Dan Dialah yang menjadikan kamu sebagai khalifah-khalifah di bumi dan Dia mengangkat (derajat) sebagian kamu di atas yang lain, untuk mengujimu atas (karunia) yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu sangat cepat memberi hukuman dan sungguh, Dia Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Pada bulan Juli tahun ini, El-Tayyeb menyuarakan dukungannya untuk negara-negara yang menghadapi bencana banjir dan gelombang panas di seluruh dunia. Dia menyerukan tindakan terhadap perubahan iklim.

Sementara itu, pada bulan April, Paus Fransiskus mengatakan dunia tengah berada di tepi jurang dalam pertemuan yang diadakan oleh Presiden AS Joe Biden untuk mengatasi perubahan iklim. Secara historis, para sarjana Muslim menggabungkan studi mereka tentang alam dengan Allah. Alquran membahas soal bagaimana manusia harus menjaga alam yang berpengaruh pada setiap aspek kehidupan.

Allah berfirman dalam surat Al-Qamar ayat 49:

اِنَّا كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنٰهُ بِقَدَرٍ

“Sungguh, Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement