Kamis 07 Oct 2021 16:00 WIB

WHO Kirim Bantuan Covid-19 untuk Korea Utara

WHO mengirim pasokan medis yang penting bagi Korea Utara untuk tangani Covid-19.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Indira Rezkisari
Logo dan gedung kantor pusat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
Foto: EPA-EFE/MARTIAL TREZZINI
Logo dan gedung kantor pusat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengirim bantuan Covid-19 untuk Korea Utara melalui pelabuhan perbatasan China, Dalian. Bantuan tersebut dikirim ketika Korea Utara mulai melonggarkan penguncian di perbatasan.

Dalam laporan mingguan terbaru untuk Asia Selatan dan Timur selama periode hingga akhir September, WHO mengatakan telah memulai pengiriman melalui pelabuhan Dalian di China, yang dekat dengan perbatasan Korea Utara. WHO mengirim pasokan medis yang penting bagi Korea Utara untuk menangani virus corona.

Baca Juga

"Kami mendukung Korea Utara dengan pasokan medis penting untuk Covid-19, WHO memulai pengiriman melalui pelabuhan Dalian, China, dan pengiriman lebih lanjut ke Korea Utara,” kata WHO.

Korea Utara memberlakukan pembatasan ketat ketika pandemi virus corona dimulai tahun lalu. Korea Utara menutup perbatasannya dan memberlakukan langkah-langkah lain untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Menurut laporan WHO, setidaknya 40.700 warga Korea Utara telah melakukan tes virus korona pada 23 September, dan hasilnya negatif. Sejauh ini Korea Utara mengklaim bahwa mereka mencatat nol kasus Covid-19.

Seorang pejabat Kementerian Unifikasi Korea Selatan, yang menangani hubungan dengan Korea Utara, mengatakan kepada kantor berita Yonhap, berdasarkan data bea cukai China, rute pelayaran laut antara Korea Utara dan Cina telah dibuka. Namun tanda-tanda pergerakan barang melalui jalur darat antara Korea Utara dan China sejauh ini belum terdeteksi, dilansir dari Reuters.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement