Kamis 07 Oct 2021 21:03 WIB

Sumbar Janjikan Bonus Pemenang STQH Haji, Rumah, dan Toko 

Sumbar berkomitmen memajukan tilawah dan penghargaan qari qariah

Rep: Febrian Fachri / Red: Nashih Nashrullah
Sumbar berkomitmen memajukan tilawah dan penghargaan qari qariah. Ilustrasi qari
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Sumbar berkomitmen memajukan tilawah dan penghargaan qari qariah. Ilustrasi qari

 

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI- Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi, menjanjikan hadiah berupa naik haji gratis, rumah, dan beberapa petak toko bagi kafilah Sumbar yang berhasil menjadi juara I Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) tingkat nasional. Hadiah yang disiapkan ini menurut Mahyeldi sebagai bentuk motivasi bagi qari dan qariah. 

Baca Juga

"Ini sudah komitmen saya sejak menjadi Wali Kota Padang. Sekarang setelah menjabat sebagai Gubernur, akan kita lanjutkan. Para qari dan qariah yang juara ini nanti juga akan kita tempatkan di masjid raya yang ada di Sumbar sehingga bisa menjadi panutan bagi generasi selanjutnya," kata Mahyeldi, saat memberi pembekalan sekaligus arahan kepada kafilah Sumbar untuk STQH Nasional XXVI di Bukittinggi, Kamis (7/10).

Mahyeldi menyebut bonus dan hadiah bagi juara I STQH tersebut wajar untuk diberikan karena untuk olahraga juga diberikan banyak bonus. Terlebih, Sumbar adalah provinsi yang berfalsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

"Falsafah itu juga masuk dalam visi misi gubernur yang diimplementasikan dalam RPJMD 2021-2026," katanya. 

Gubernur juga menjanjikan bonus bagi juara II dan III. Dia meminta seluruh kafilah untuk bisa menjaga kesehatan dan fokus saat pertandingan agar bisa mendapatkan hasil terbaik.

Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Setdaprov Sumbar, Syaifullah, mengatakan peserta diberikan tiga kali TC untuk mematangkan persiapan. TC yang digelar 23-26 September 2021 adalah TC yang kedua. Sementara TC ketiga direncanakan pada 3-7 Oktober 2021.

Kafilah Sumbar untuk STQH 2021 terdiri dari 20 orang yang akan berlaga pada empat cabang dan 10 golongan. Cabang pertama Tilawah terdiri dari golongan dewasa putra putri dan anak-anak putra putri. 

Cabang tahfiz ada lima golongan tahfiz 1 juz, 5 juz, 10 juz dan 30 juz masing-masing putra putri. Cabang tafsir bahasa Arab putra putri dan cabang Hadits terdiri dari dua golongan 100 hadits pakai sanad dan 500 hadits tanpa sanad putra putri. "Direncanakan kafilah akan bertolak ke Maluku Utara pada 13 Oktober 2021," ucap Syaifullah. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement