Jumat 08 Oct 2021 18:26 WIB

Bolehkah Mengambil Alquran Wakaf Masjid untuk di Rumah?

Alquran wakaf di masjid tidak boleh diambil untuk kepentingan di luar masjid

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran wakaf di masjid tidak boleh diambil untuk kepentingan di luar masjid. Ilustrasi Alquran
Alquran wakaf di masjid tidak boleh diambil untuk kepentingan di luar masjid. Ilustrasi Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, — Apa hukumnya membawa mushaf Alquran yang diwakafkan untuk masjid ke rumah untuk dibaca sendiri? Seringkali mungkin kita dapati oknum yang membawa mushaf tersebut untuk dimanfaatkan di rumah.  

Pertanyaan tersebut diajukan seseorang ke Akademi Riset Al Azhar Mesir melalui halaman jejaring Facebook 

Baca Juga

Dan komisi fatwa akademi riset Islam Al Azhar menjawab bahwa tidak boleh bagi seseorang mengambil sesuatu apapun yang diwakafkan atas masjid seperti mushaf, kitab-kitab, dan lainnya. 

Maka segala sesuatu benda-benda wakaf  itu hanya bisa digunakan di dalam masjid saja. Dan tidak boleh bagi seseorang mengambil sesuatu benda wakaf untuk dirinya sendiri dan mengubahnya menjadi miliknya secara khusus. 

Lebih lanjut dijelaskan, para ulama telah menetapkan bahwa  perbuatan seperti itu sangat dilarang. Imam Nawawi mengatakan tidak boleh mengambil sesuatu dari bagian-bagian masjid seperti batu, dan kerikil,  tanahnya,  dan lainnya.   

Sementara itu Lembaga Fatwa Mesir Dar Al Ifta menyebutkan tidak boleh mengambil mushaf atau kitab-kitab dari masjid yang benda-benda itu adalah wakaf atas masjid. Menurut jumhur ulama baik itu memperoleh izin atau tidak memperoleh izin tetap tidak boleh mengambilnya.  

Barangsiapa mengambil sesuatu dari mushaf yang wakafkan ke masjid maka wajib atas orang tersebut mengembalikannya. Dan bila terdapat kerusakan atau hilang atas mushaf yang diambilnya itu maka orang tersebut harus menggantinya dengan yang seperti itu dan mengembalikannya dan bertaubat pada Allah SWT atas apa-apa yang diperbuatnya. 

 

Sumber: elbalad

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement