Sabtu 09 Oct 2021 17:32 WIB

Kabar Baik, Saudi akan Buka Pintu Umroh untuk Indonesia

Kebijakan umroh akan dibuka karena perkembangan Covid-19 di Indonesia terus membaik

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Jamaah umroh bertawaf di sekitar Ka
Foto: Al Arabiya
Jamaah umroh bertawaf di sekitar Ka

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menyebut telah mendapatkan informasi dari Kerajaan Arab Saudi perihal pembukaan ibadah umroh bagi jamaah Indonesia. Kebijakan ini akan segera diputuskan karena melihat situasi perkembangan Covid-19 di Indonesia yang semakin membaik.

“Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten dari kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umroh bagi jamaah umroh Indonesia,” jelasnya di rilis video yang ditayangkan di saluran YouTube resmi Kemenlu, Sabtu (9/10).

Menurutnya, sebuah tim khusus sedang menangani proses ini di Arab Saudi. “Komite khusus di kerajaan Saudi Arabia sedang bekerja saat ini guna meminimalisir segala hambatan yang menghalangi Kemungkinan tidak dapatnya jamaah umroh Indonesia untuk melakukan ibadah umroh,” katanya.

Retno menyebut, kedua negara sedang dalam tahap penyelesaian untuk membahas tentang teknis seperti kedatangan jamaah hingga vaksin. Aturan tentang masa karantina jamaah juga sudah dijelaskan dalam nota diplomatik dari Kedutaan Arab Saudi.

“Tentunya kabar baik ini akan kita tindak lanjuti dengan pembahasan secara lebih detail mengenai teknis pelaksanaannya. Kementerian Luar Negeri akan terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama, dan Kementerian Kesehatan serta dengan otoritas terkait di kerajaan Saudi Arabia mengenai pelaksanaan kebijakan pemerintah Saudi Arabia yang baru ini,” terangnya.

“Saya sendiri melakukan koordinasi dan komunikasi baik dengan Pak Menteri Kesehatan maupun dengan pak menteri agama,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement