133 Kejadian Bencana Landa Kuningan

Ahad , 10 Oct 2021, 16:50 WIB Reporter :Lilis Sri Handayani/ Redaktur : Agung Sasongko
[Ilustrasi] longsor
[Ilustrasi] longsor

Indra menyebutkan, bencana hidrometeorologi yang harus diwaspadai masyarakat di Kabupaten Kuningan pada musim penghujan terutama adalah longsor dan gerakan tanah. Selain itu, bencana lain yang juga harus diwaspadai yakni banjir di sejumlah daerah, baik akibat luapan sungai maupun lingkungan yang tidak terjaga kebersihannya.

 

Terkait

Selain mewaspadai curah hujan yang tinggi, Indra juga meminta masyarakat untuk mulai memperhatikan lingkungan sekitar masing-masing. Jika ada saluran air yang tersumbat sampah, hendaknya dibersihkan.

‘’Waspadai juga pohon yang rawan tumbang,’’ tukas Indra.

Indra menambahkan, pihaknya juga sudah mempersiapkan sarana dan prasarana penanggulangan bencana. Koordinasi dengan berbagai pihak lainnya juga sudah dilakukan.

Seperti diketahui,  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kertajati Kabupaten Majalengka memprakirakan musim hujan tahun 2021/2022 di Wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan) datang lebih awal. Mereka pun mengimbau masyarakat untuk bersiap menyambutnya.

Forecaster BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati Kabupaten Majalengka, Ahmad Faa Izyn, mengatakan, awal musim hujan di sebagian besar wilayah Ciayumajakuning tahun ini diprakirakan maju satu sampai tiga dasarian dibanding kondisi rata-ratanya (1 dasarian : 10 hari).

‘’Salah satunya Kabupaten Kuningan,’’ kata Faiz.