Selasa 12 Oct 2021 04:05 WIB

Berapa Harga Kain Ihram Nabi Muhammad Saat Haji?

Berapa Harga Kain Ihram Nabi Muhammad Saat ibadah haji?

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Berapa Harga Kain Ihram Nabi Muhammad Saat Haji?. Foto: Ilustrasi Kain Ihram
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Berapa Harga Kain Ihram Nabi Muhammad Saat Haji?. Foto: Ilustrasi Kain Ihram

IHRAM.CO.ID,  MAKKAH --Kesederhanaan adalah ciri khas Nabi Muhammad ﷺ dalam menjalani hidup. Rasulullah tidak bermewah-mewah baik dalam pakaian yang dikenakannya, hewan tunggangannya, dan lainnya. 

Kesederhanaan Nabi itu juga tergambar saat menunaikan ibadah haji. Meski sebagai pemimpin, Rasulullah tidak memilih unta terbaik melainkan unta yang sederhana untuk berhaji. Bahkan kain ihramnya pun bukan kain ihram yang mahal. Tapi kain ihram yang dikenakan Rasulullah itu harganya hanya sekitar empat dirham saja. 

Baca Juga

Ini sebagaimana dalam kitab at Targib wat Tarhib yang menuliskan sebuah hadits nabi Muhammad ﷺ:

وَعَنْ أَنَسٍ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : حَجَّ النَّبِىُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى رَحْلٍ رَثٍّ وَقَطِيْفَةٍ خَلِقَةٍ تُسَاوِىْ أَرْبَعَةَ دَرَاهِمَ أَوْلَا تُسَاوِىْ, ثُمَّ قَالَ:  اَللَّهُمَّ حَجَّةً لَا رِيَاءَ فِيْهَاوَلَاسُمْعَةَ.

Diriwayatkan dari Anas Radiyallahu Anhu, ia berkata: berhaji nabi Muhammad ﷺ di atas unta yang tidak bagus dengan memakai kain yang sudah usang. yang harganya sama dengan empat dirham atau bahkan tidak sampai. Kemudian Rasulullah berdoa : 

اَللَّهُمَّ حَجَّةً لَا رِيَاءَ فِيْهَاوَلَاسُمْعَةَ.

Allahumma Hajjatan La Riyaa fiihaa wa laa sum'ah

Ya Allah aku niat ihram haji yang tidak ada unsur pamer (riya) di dalamnya dan tidak ada keinginan mencari popularitas ( sum'ah). HR Tirmidzi

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement