Selasa 12 Oct 2021 05:59 WIB

Belanda Gasak Gibraltar, Belum Aman Lolos ke Qatar

Belanda mengalahkan Gibraltar 6-0 di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Para pemain Belanda merayakan gol Denzel Dumfries (tengah) ke gawang Gibraltar.
Foto: EPA-EFE/MAURICE VAN STEEN
Para pemain Belanda merayakan gol Denzel Dumfries (tengah) ke gawang Gibraltar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belanda menjaga peluang untuk lolos langsung ke Piala Dunia 2022 Qatar. Belanda tanpa ampun membantai Gibraltar 6-0 dalam pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa di Stadion De Kuip, Rotterdam, Belanda, Selasa (12/10) dini hari WIB.

Memphis Depay membuat dua gol, sementara empat gol sisanya masing-masing dicetak Virgil van Dijk, Denzel Dumfries, Arnaut Danjuma dan Donyell Malen. 

Baca Juga

Kemenangan ini menempatkan Belanda di posisi puncak klasemen dengan nilai 19 dengan dua laga tersisa. Norwegia mengancam di posisi kedua dengan nilai 17. Kedua tim masih akan bertemu pada laga terakhir grup sehingga posisi Belanda jauh dari aman.

Belanda wajib menang atas Montenegro bulan depan sementara Norwegia harus mengalahkan Latvia. Jika skenario ini terwujud, Belanda akan menjalani laga do or die menjamu Norwegia di Feyenoord pada 17 November 2021. Pemenang akan lolos langsung ke Qatar sementara yang kalah akan menjalani laga play-off.  

Jalannya laga

Belanda tampil agresif sejak awal dengan langsung unggul pada menit kesembilan lewat sundulan Virgil Van Dijk setelah meneruskan sepak pojok Memphis Depay. 

Pada menit ke-18, Belanda mendapat hadiah penalti usai Graeme Torrilla melakukan handball di kotak terlarang. Sayang, eksekusi penalti Depay masih bisa dimentahkan Bradley Banda.

Dua menit berselang, Depay menebus kegagalannya dengan mencetak gol mudah dari jarak dekat usai menerima umpan Davy Klaassen. Belanda pun memimpin  2-0.

Tak lama sebelum babak pertama usai, Depay kembali menambah keunggulan Belanda lewat tendangan penalti setelah Julian Valarino melakukan handball.

Selepas jeda, tim Oranje tetap mempertahankan intensitas mereka. Pada menit ke-48, aksi Lang dari sisi kiri dituntaskan dengan sundulan Denzel Dumfries di depan gawang hingga membuat Belanda unggul 4-0.

Belanda memperbesar keunggulan pada menit ke-75. Memphis mengirimkan umpan lambung yang disundul Wout Weghorst dan bola mengarah ke Arnaut Danjuma, yang menyambarnya di depan gawang.

Belanda masih belum puas mencetak gol. Weghorst mengirimkan umpan terobosan kepada Donyell Malen, dan dituntaskan ke tiang jauh. Skor pun berubah 6-0 dan bertahan hingga laga usai.

Degan hasil ini, Gibraltar terpuruk di peringkat enam atau dasar klasemen, sama sekali belum meraih poin.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement