Selasa 12 Oct 2021 08:04 WIB

Van Gaal Puji Performa Duet Bek Tengah Belanda

Belanda mengalahkan Gibraltar 6-0 di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Louis Van Gaal
Foto: Reuters/Andrew Boyers
Louis Van Gaal

REPUBLIKA.CO.ID, ROTTERDAM -- Pelatih Belanda Louis Van Gaal secara khusus memuji performa duet bek tengah Tim Oranje pada laga kontra Gibraltar di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Selasa (12/10) dini hari WIB. Selain solid mengawal lini pertahanan, Virgil van Dijk dan Stefan de Vrij juga dinilai apik membantu serangan.

Bahkan, kemenangan besar Belanda 6-0 pada laga tersebut diawali dari aksi Van Dijk. Bek tengah Liverpool itu menanduk bola hasil sepak pojok Memphis Depay saat laga baru menginjak menit ketiga. 

Baca Juga

"Kami benar-benar memberikan hiburan buat para penonton di laga ini. Kami menciptakan begitu banyak peluang dan mencetak enam gol. Sangat menyenangkan bisa melihat penampilan kami pada laga ini," tutur Van Gaal seperti dilansir laman OnsOranje.

Tim Oranje menutup babak pertama dengan keunggulan tiga gol setelah Memphis Depay mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-21 dan injury time. Pesta gol the Flying Dutchman berlanjut pada babak kedua. Denzel Dumfries, Arnaut Danjuma, dan Donyel Mallen masing-masing menyumbang satu gol dalam laga yang digelar di Stadion De Kuipp, Feyenoord.

Meski menang besar, fokus pelatih berusia 70 tahun tersebut ada di sektor pertahanan. Ia memuji para pemain di jantung pertahanan yang aktif membantu serangan sehingga banyak gol tercipta.

"Kami tidak memberikan kesempatan sekecil apa pun buat tim lawan. Bahkan, Van Dijk dan De Vrij lebih sering bermain di bidang lapangan lawan, sesuatu yang jarang saya lihat dalam permainan tim ini," ujar eks pelatih Manchester United dan Barcelona tersebut. 

Ini menjadi kemenangan keempat secara beruntun yang ditorehkan Oranje sejak ditangani Van Gaal. Eks pelatih Bayern Muenchen itu diharapkan membawa Belanda melangkah ke putaran final Piala Dunia 2022 usai menggantikan Frank de Boer di kursi pelatih Belanda setelah kegagalan di Euro 2020. 

Walau menang dan memuncaki klasemen sementara Grup G, Belanda belum dipastikan melangkah ke putaran final Piala Dunia 2022. Belanda hanya mengantongi keunggulan dua poin dari Norwegia, yang berada di peringkat kedua. Keduanya masih harus bersaing dalam dua laga terakhir Grup G. Kedua tim pun akan bertemu pada pertandingan terakhir yang membuat persaingan menjadi makin sengit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement