Selasa 12 Oct 2021 08:34 WIB

Alquran Milik Bapak Pendiri AS Dipajang di Dubai Expo

Bapak pendiri AS memiliki alquran saat muda.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Alquran Milik Bapak Pendiri AS Dipajang di Dubai Expo
Foto: Arab News
Alquran Milik Bapak Pendiri AS Dipajang di Dubai Expo

REPUBLIKA.CO.ID,DUBAI—Duplikat Alquran milik Thomas Jefferson, presiden ketiga Amerika Serikat yang juga disebut sebagai Bapak Pendiri Amerika Serikat, dipanjang di Dubai Expo 2020. "Ini (Alquran) akan dipajang di #USAPavilion sebagai bagian integral dari tema kami, 'Life, Liberty, and the Pursuit of the Future', jelas USA Expo 2020 dalam akun Twitter resminya.  

Alquran dengan terjemahan bahasa Inggris milik pencetus Deklarasi Kemerdekaan itu merupakan Alquran cetakan kedua yang diterjemahkan oleh Geoge Sale pada 1734. Pavilion AS juga memajang sebuah peta berbingkai Makkah yang dibawa dari Perpustakaan Kongres dengan peti kayu yang dibuat secara khusus, dilengkapi dengan sensor yang dapat mendeteksi getaran dan perubahan suhu. 

Baca Juga

Staf konservasi dan keamanan AS mengawal langsung artefak bersejarah dalam perjalanan mereka ke acara global di Dubai. Diyakini bahwa Jefferson, yang merupakan presiden AS selama dua periode dari tahun 1801-1809, memperoleh salinan Alqur'an bersejarah itu saat ia masih muda. Alquran yang dicetak di London itu belum pernah dibawa kemanapun sejak tiba di Amerika 287 tahun lalu.  

Sumber

https://www.arabnews.com/node/1945451/offbeat

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement