Selasa 12 Oct 2021 08:24 WIB

Kemenpora Dorong Partisipasi Pemuda Dukung KTT G20 2022

Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT G20 2022.

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Asrorun Ni'am Sholeh.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Asrorun Ni'am Sholeh.

REPUBLIKA.CO.ID, LABUANBAJO -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengharapkan peran dan partisipasi pemuda dalam mendukung kekuatan Indonesia dalam KTT G20 2022. Dalam kegiatan tersebut, Indonesia menjadi tuan rumah di Bali. Kegiatan ini didukung pelaksanaannya oleh lima destinasi wisata super prioritas lainnya, yakni Labuan Bajo NTT, Candi Borobudur Jawa Tengah, Danau Toba Sumatra Utara, Mandalika NTB, dan Likupang Sulawesi Utara.

Hal ini disampaikan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni'am Sholeh dalam acara Penguatan Organisasi Kepemudaan di Labuan Bajo, Senin (11/10). “Karena itu,  Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi super prioritas harus berbenah. Khususnya dalam kesiapan para pemudanya mengoptimasi potensi dan kemampuan dalam menunjang perkembangan pariwisata di Labuan Bajo,” ujar Ni’am dalam keterangan medianya.

Baca Juga

Lebih lanjut, Ni’am menyampaikan, pemuda seharusnya memiliki dua potensi utama. Pertama,  leadership yang responsif yaitu jiwa kepemimpinan yang mampu tanggap terhadap beragam isu strategis. Termasuk menjadi pemuda pelopor yang sadar dalam merawat potensi wisata.

Kedua, entrepreneurship yang lebih kreatif dalam menangkap peluang dan menghadapi tantangan yang ada. 

Kegiatan dilakukan secara hybrid dihadiri 200-an peserta, dipusatkan di dua tempat, yaitu di SMKN ST 1 Gratius Layola dan SMKN 1 Labuan Bajo yang juga dihadiri Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Amar Ahmad. Kedua tempat kegiatan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Dalam laporan kegiatannya Plt Asdep Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Pramuka Imam Gunawan menyampaikan, kegiatan penguatan organisasi kepemudaan ini dihadiri oleh para pengurus organisasi pelajar, kepemudaan, dan kepramukaan.

Ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi aktif pemuda dalam mendukung isu-isu strategis yang dicanangkan pemerintah. Termasuk upaya meningkatkan kesadaran merawat dan mempromosikan destinasi parawisata super prioritas dan kesehatan reproduksi pemuda.

Pada kesempatan sama, Kadisdikpora Manggarai Barat Bernandus Nando menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Kemenpora dalam penyelenggaraan acara ini. Ia mengatakan, acara ini akan menggelorakan semangat bagi pemuda di Labuan Bajo yang sudah berada pada level 2 sehingga beberapa sekolah sudah mulai melaksanakan tatap muka. 

Program ini menghadirkan sejumlah narasumber utama, yaitu Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf RI Vinsensius Jemadu,  Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf RI Muhammad Neli El Himam, dan narsumber lokal Salvador Pinto, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Manggarai Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement