Agar Hati Menjadi Tenang

Kamis , 14 Oct 2021, 03:03 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam / Redaktur : Agung Sasongko
Alquran dan Dzikir (ILustrasi)
Alquran dan Dzikir (ILustrasi)

IHRAM.CO.ID, KAIRO-- Pembimbing Akademik Mufti Mesir, Majdy Ashour mengatakan bahwa mengingat Allah (dzikrullah) membawa kedamaian dan kenyamanan di hati.

 

Terkait

Allah SWT berfirman:

Baca Juga

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ ۗ

Artinya: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” (QS. ar-Radu: 28).

Dia menambahkan, mengingat Allah SWT ada beragam caranya. Salah satunya adalah dengan membaca surat Al-Fatihah sebanyak 17 kali. Surat Al-Fatihah sendiri sudah berisi puji-puji bagi Allah, sehingga cara ini bisa menjadi satu metode menenangkan hati.

Keutamaan membaca surat Al-Fatihah

Surah Al-Fatihah sudah dikenal berisi doa-doa terbaik. Al-Fatihah juga mengajarkan bagaimana cara berdoa, seperti cara meminta sesuatu kepada Allah SWT.

Al-Fatihah juga dianggap sebagai ayat ruqyah bagi orang sakit, dan berisi penyembuhan bagi orang-orang, dan bukti untuk ini adalah persetujuan Nabi.

Fadilah ini juga dijelaskan dalam sabda Nabi muhammad SAW sebagai berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ صَلَّى صَلَاةً لَمْ يَقْرَأْ فِيهَا بِأُمِّ الْقُرْآنِ فَهِيَ خِدَاجٌ ثَلَاثًا غَيْرُ تَمَامٍ فَقِيلَ لِأَبِي هُرَيْرَةَ إِنَّا نَكُونُ وَرَاءَ الْإِمَامِ فَقَالَ اقْرَأْ بِهَا فِي نَفْسِكَ فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ قَالَ اللَّهُ تَعَالَى قَسَمْتُ الصَّلَاةَ بَيْنِي وَبَيْنَ عَبْدِي نِصْفَيْنِ وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ فَإِذَا قَالَ الْعَبْدُ { الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ } قَالَ اللَّهُ تَعَالَى حَمِدَنِي عَبْدِي وَإِذَا قَالَ { الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ } قَالَ اللَّهُ تَعَالَى أَثْنَى عَلَيَّ عَبْدِي وَإِذَا قَالَ { مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ } قَالَ مَجَّدَنِي عَبْدِي 

Artinya: “Itu juga merupakan dinding terbesar dari Kitab Allah SWT, telah diterima dalam keutamaan banyak hadits yang benar, termasuk apa yang diriwayatkan dari Abu Sa'eed ibn alli ra dengan dia, berkata: "Aku sedang shalat dipanggil saya Rasulullah saw tidak wajib sampai saya berdoa, dia berkata: Votih Dia berkata: Apa yang mencegah Anda datang kepada saya?  Dia berkata: Aku berkata, wahai Rasulullah, bahwa aku sedang shalat. Dia berkata: Bukankah Allah Ta'ala berfirman: {Hai orang-orang yang beriman, jawablah kepada Allah dan kiamat kalian amin!}  Kemudian dia berkata kepada Oalmenk Sura terbesar dalam Al-Qur'an sebelum dia lulus dari masjid, dia berkata, meraih tanganku ketika dia ingin keluar dari masjid, aku berkata: Ya Rasulullah, kamu berkata kepada Oalmenk Sura terbesar di tahun ini. Alquran, dia berkata: Ya {Segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam} adalah tujuh vescico dan Alquran yang agung yang telah saya berikan kepada Anda,” (HR. Muslim). 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini