Amerika Buka Perbatasan untuk Pelancong Kanada dan Meksiko

Rabu , 13 Oct 2021, 23:52 WIB Reporter :Fergi Nadira/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Amerika Serikat berlakukan syarat vaksin lengkap untuk pelancong. Bendera Amerika.
Amerika Serikat berlakukan syarat vaksin lengkap untuk pelancong. Bendera Amerika.

IHRAM.CO.ID, WASHINGTON — Amerika Serikat (AS) akan mencabut pembatasan yang diberlakukan sejak Maret 2020 di perbatasan daratnya dengan Kanada dan Meksiko mulai November. Syaratnya adalah para pelancong harus divaksinasi penuh. 

 

Terkait

Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat, Alejandro Mayorkas, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa bulan depan pemerintah akan mulai mengizinkan pelancong dari Meksiko dan Kanada yang sepenuhnya divaksinasi Covid-19 memasuki Amerika Serikat untuk tujuan yang tidak penting. Ini termasuk mengunjungi teman dan keluarga atau untuk pariwisata, melalui penyeberangan perbatasan darat dan feri.

Baca Juga

Aturan ini serupa namun tidak identik dengan persyaratan yang direncanakan bulan lalu untuk pelancong udara internasional. Pada 20 September, Gedung Putih mengumumkan bahwa Amerika Serikat pada awal November akan mencabut pembatasan perjalanan pada pelancong udara dari 33 negara termasuk China, India, Brasil, dan sebagian besar Eropa yang divaksinasi penuh terhadap Covid-19. Amerika Serikat juga mengatakan akan memperluas persyaratan vaksin untuk pelancong udara asing dari semua negara lain.

Anggota parlemen dari negara bagian perbatasan Amerika Serikat memuji langkah untuk mencabut pembatasan di perbatasan Kanada dan Meksiko ini. "Sejak awal pandemi, anggota komunitas lintas batas kita bersama telah merasakan sakit dan kesulitan ekonomi dari penutupan perbatasan darat. Rasa sakit itu akan segera berakhir," ujar pemimpin Senat Demokrat Chuck Schumer dalam sebuah pernyataan.

Pengunjung yang tidak divaksinasi masih akan dilarang memasuki Amerika Serikat dari Kanada atau Meksiko. Para pejabat dari pemerintahan Presiden Joe Biden menekankan bahwa Gedung Putih tidak akan mencabut perintah "Title 42" yang diberlakukan pemerintahan mantan presiden Donald Trump dan yang pada dasarnya telah memutus akses ke suaka bagi ratusan ribu pencari suaka yang ingin masuk Meksiko.

Mengenai tanggal pasti pada awal November ketika pembatasan akan dicabut pada perjalanan darat dan udara akan diumumkan dengan segera. Homeland Security mengatakan pemerintah tengah berupaya menciptakan protokol yang konsisten dan ketat untuk semua warga negara asing yang bepergian ke Amerika Serikat baik melalui udara, darat, atau feri. Kanada pada 9 Agustus mulai mengizinkan masuknya pengunjung Amerika Serikat yang divaksinasi penuh untuk perjalanan yang tidak penting. 

 

 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini