Indeks Kesalehan Sosial Masyarakat Indonesia Meningkat

Kamis , 14 Oct 2021, 07:14 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Gedung Kemenag
Gedung Kemenag

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Indeks Kesalehan Sosial (IKS) masyarakat Indonesia pada tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Dari skor 82,52 pada 2020, meningkat menjadi 83,92 di tahun ini.

 

Terkait

"Ini menunjukkan adanya peran yang signifikan dari para tokoh agama sehingga hasil survei IKS mengalami peningkatan. Tokoh agama telah menyadarkan umat beragamanya untuk peduli terhadap keadaan lingkungan, kemanusiaan, dan negara," tutur Kepala Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Kementerian Agama (Kemenag) Prof Dr Muhammad Adlin Sila menyampaikan, kepada Republika.co.id, Rabu (13/10).

Baca Juga

Adlin berharap indeks kesalehan sosial ini terus meningkat setiap tahun sehingga bisa mencapai target skor 86 pada 2024 mendatang. Walaupun, skor nasional IKS sempat menurun pada 2020 dengan 82,52 dibandingkan 2019 dengan angka skor 83,58.

Dia menambahkan, selama ini masyarakat dikenal religius yang terlihat dari ramainya aktivitas pada hari-hari besar keagamaan. Mereka bersuka-cita dalam menyambut hari raya agamanya seperti Idul Fitri, Natal, Nyepi dan Waisak serta lainnya. Rumah ibadah pun penuh karena banyak yang ingin menyambut hari raya tersebut.

"Maka kami melalui survei ini, ingin mengukur apakah kesalehan individual itu punya dampak terhadap kesalehan sosial mereka. Ini diukur dengan habitasi mereka misalnya menolong tetangga, bergotong-royong, peduli lingkungan, kebersihan di rumah, kepedulian terhadap masyarakat sekitar dan komitmen menjaga NKRI," jelasnya.