KH Ma'shum Sufyan Sang Pendidik dari Gresik (I)

Kamis , 14 Oct 2021, 08:20 WIB Reporter :Muhyiddin/ Redaktur : Agung Sasongko
Ilustrasi Pondok Pesantren
Ilustrasi Pondok Pesantren

IHRAM.CO.ID, Pada abad ke-20, salah seorang mubaligh kenamaan dari Gresik ialah KH Ma'shum Sufyan.Tidak hanya bergiat dalam aktivitas dakwah dan pendidikan.

 

Terkait

Pendiri Pondok Pesantren Ihyaul Ulum itu juga terlibat dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.Bahkan, namanya dikenang sebagai ahli strategi di berbagai pertempuran dalam melawan penjajah.

Baca Juga

Tokoh ini lahir di Desa Dukunanyar, Kecamatan Dukun, Gresik, Jawa Timur, pada 1334 H/1913 M. Kiai Ma'shum Sufyan berasal dari keluarga yang alim dan hidup bersahaja. Ayahnya adalah Haji Muhammad Sufyan. Adapun ibunya bernama Hajjah Amnah. Dari kedua orang tuanya, nasabnya sampai hingga sang pendiri Kerajaan Pajang, Joko Tingkir, yakni melalui Mbah Kiai Onggoyudo

Sejak masih kecil, Ma'shum sudah dikenal sebagai anak yang tekun dalam belajar. Saat berusia enam tahun, ia sudah fasih membaca Alquran. Dalam mengaji, dirinya mendapatkan bim bingan dari sejumlah guru, termasuk kakeknya sendiri yang bernama Kiai Amari.

Ma'shum kecil sangat senang mengkaji ilmu- ilmu agama. Karena itu, ia amat senang begitu kedua orang tuanya mendaftarkannya ke Madrasah Islamiyah. Lembaga itu dipimpin KH Faqih Abdul Jabbar, yang juga pendiri Pondok Pesantren Maskumambang, Dukun, Gresik.