Kamis 14 Oct 2021 15:51 WIB

Waspada, Penipuan Bermodus Customer Care Palsu Bank Muamalat

Ditemukan oknum yang membuat website khusus dan mengatasnamakan Bank Muamalat.

Rep: Lida Puspaningtyas / Red: Friska Yolandha
Karyawan melayani nasabah di kantor pusat Bank Muamalat, Jakarta, Jumat (5/2). PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mengimbau nasabah dan masyarakat untuk mewaspadai modus kejahatan yang mengatasnamakan layanan customer care Bank Muamalat.
Foto: Prayogi/Republika.
Karyawan melayani nasabah di kantor pusat Bank Muamalat, Jakarta, Jumat (5/2). PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mengimbau nasabah dan masyarakat untuk mewaspadai modus kejahatan yang mengatasnamakan layanan customer care Bank Muamalat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mengimbau nasabah dan masyarakat untuk mewaspadai modus kejahatan yang mengatasnamakan layanan customer care Bank Muamalat. Direktur Operasi Bank Muamalat Awaldi mengatakan, hal tersebut perlu disampaikan oleh perusahaan sebab pihaknya menemukan adanya oknum yang membuat website khusus dan mengatasnamakan customer care Bank Muamalat. 

Website tersebut terhubung ke layanan Whatsapp yang berisi formulir dan meminta data pribadi dan rahasia nasabah, salah satunya adalah Personal Identification Number (PIN). Ia berharap nasabah dan masyarakat dapat lebih berhati-hati terhadap modus kejahatan atau penipuan customer care palsu. 

Baca Juga

"Masyarakat diminta teliti sebelum membuka tautan atau link yang dikirim oleh pengirim anonim melalui WA,email atau SMS, harap pastikan saluran yang dihubungi adalah saluran resmi kami baik itu call center, website ataupun akun media sosial agar terhindar dari penipuan oknum yang tidak bertangungjawab," ujarnya, Kamis (14/10).

Dia sekaligus menegaskan bahwa Bank Muamalat tidak pernah meminta nasabah untuk menyebutkan atau mengisi data yang sifatnya rahasia seperti PIN. Selain PIN, data rahasia yang harus dijaga nasabah antara lain nomor KTP, nomor CVV, nomor rekening, kode OTP, foto kartu ATM dan password mobile banking.

Adapun nomor call center resmi Bank Muamalat adalah 1500016 untuk nasabah dalam negeri dan +6221 8066-8000 untuk nasabah luar negeri. Sedangkan website resmi Bank Muamalat adalah www.bankmuamalat.co.id.

Sebagai informasi, belum lama ini Bank Muamalat memperkenalkan layanan live chat bernama SALMA (Salam Live Chat Muamalat). Ini adalah aplikasi yang dapat digunakan oleh nasabah maupun calon nasabah untuk melakukan percakapan dengan SalaMuamalat Officer secara online untuk menyampaikan pertanyaan, pengaduan maupun permintaan terkait produk dan layanan Bank Muamalat yang bersifat nonfinansial.

Dengan adanya SALMA ini, diharapkan dapat mempermudah nasabah mendapatkan layanan informasi perbankan dengan cepat, nyaman, dan efisien. Layanan SALMA ini bisa diakses melalui Whats app melalui nomor 0812-8065-1800 serta Webchat pada website resmi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement