Jumat 15 Oct 2021 06:01 WIB

Kekeringan Lebih Berbahaya daripada Pandemi Covid di Kenya

Lebih dari 2 juta warga Kenya menghadapi kelaparan karena kurangnya curah hujan

Lebih dari 2 juta warga Kenya menghadapi kelaparan karena kurangnya curah hujan.
Lebih dari 2 juta warga Kenya menghadapi kelaparan karena kurangnya curah hujan.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA - Kekeringan terkait perubahan iklim sekarang lebih berbahaya daripada pandemi Covid-19 di Kenya karena kekeringan terus melanda negara Afrika Timur itu.

Mohamed Abdi Rage, seorang penduduk Garissa yang merupakan salah satu wilayah yang paling terkena dampak, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa ada kebutuhan yang mendesak akan air dan padang rumput.

Baca Juga

"Manusia dalam bahaya saat ini karena mereka hidup dari daging dan susu ternak mereka ... Mereka tidak memiliki makanan untuk ternak mereka, yaitu rumput jerami, dan mereka juga tidak memiliki air," katanya. 

Ternak adalah tulang punggung perekonomian negara dan banyak orang yang sangat bergantung padanya, sehingga Rage mengatakan bahwa beberapa orang mulai melakukan bunuh diri karena kesulitan berkelanjutan yang disebabkan oleh kekeringan terkait perubahan iklim.

Pada 29 September, tiga minggu setelah pemerintah menyatakan kekeringan sebagai bencana nasional, Komite Penyelamatan Internasional mengatakan lebih dari 2 juta warga Kenya menghadapi kelaparan karena kurangnya curah hujan.

Selain hewan ternak, lanjut dia, tidak berbeda dengan satwa liar, karena beberapa video menunjukkan hewan liar hanya bergerak dan beberapa di antaranya bahkan tidak bisa berdiri karena lapar dan haus.

“Saat ini, kekeringan lebih parah, lebih lama. Tidak ada metode mitigasi yang ada… Otoritas lokal tidak cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan para penggembala,” kata Rage.

'Dibutuhkan bantuan eksternal yang mendesak'

Membandingkan efek negatif dari pandemi Covid-19 dan kekeringan, terutama di bagian utara dan timur negara itu, Rage mengatakan: “Kekeringan terkait perubahan iklim lebih berbahaya daripada pandemi Covid-19. Virus adalah hal kecil bagi penggembala dibandingkan dengan kekeringan," tambahnya.

Rage mengatakan bahwa meskipun beberapa organisasi internasional dan LSM telah memberikan bantuan, dukungan ini jauh dari memenuhi kebutuhan. Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa pasokan bantuan untuk ternak dalam hal air dan padang rumput harus segera disediakan.

"Para penggembala di Garissa menempuh jarak yang jauh untuk mengakses air bagi hewan mereka yang sudah lelah, tetapi mereka tidak menemukan air dan tidak ada padang rumput," katanya.

Jika tidak ada intervensi yang dilakukan, Rage memperingatkan, dunia mungkin melihat migrasi internasional dan pengungsi internal pada tingkat yang lebih cepat dari yang diharapkan. "Penting untuk mendapatkan bantuan eksternal sesegera mungkin," tegasnya. 

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/kekeringan-lebih-berbahaya-daripada-pandemi-covid-19-di-kenya/2390596
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement