Kamis 14 Oct 2021 23:48 WIB

Bupati Wonosobo Ingatkan Warganya Waspadai Investasi Bodong

Sekolah Pasar modal ini tidak melulu tentang bagaimana menanam saham di bursa efek.

Bupati Wonosobo Ingatkan Warganya Waspadai Investasi Bodong (ilustrasi).
Bupati Wonosobo Ingatkan Warganya Waspadai Investasi Bodong (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,WONOSOBO -- Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat mengingatkan masyarakat Kabupaten Wonosoboagar waspada terhadap tawaran-tawaran investasi menggiurkan dengan imbal hasil tinggi yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Sejarah investasi di Wonosobo pada sekitar 10 sampai 11 tahun silam ada ribuan nasabah Wonosobo mengalami kerugian cukup besar bahkan mencapai ratusan miliar rupiah," katanya di Wonosobo, Kamis (14/10).

Ia menyampaikan hal tersebut pada webinar sekolah pasar modal bertema investasi sehat, aman, dan menguntungkan.

Menurut Afif kerugian tersebut karena pada saat itu pemahaman perihal investasi di masyarakat masih minim dan instrumen investasinya juga belum mendapat jaminan keamanan.

"Melalui webinar ini, banyak hal yang akan disampaikan para nara sumber dari lembaga-lebaga kredibel, sehingga saya meyakini materi-materi yang diterima para peserta benar-benar mampu membuka wawasan baru yang kelak akan sangat bermanfaat," katanya.

Sekitar 350 orang bergabung dalam webinar yang menghadirkan lima nara sumber dari OJK Regional 3 Jateng-DIY, Kantor perwakilan Bursa Efek Indonesia DIY, Laboratorium dan Galeri Investasi BEI, vokasi Universitas Indonesia dan PT Reliance Sekuritas Indonesia tersebut.

Deputi Direktur Lembaga Jasa Keuangan dan Perizinan OJK Regional 3 Jateng-DIY Tias Retnani menilai banyaknya peserta webinar itu menandakan sinyal positif, produk investasi yang aman masih diminati warga.

"Sekolah Pasar modal ini tidak melulu tentang bagaimana menanam saham di bursa efek, namun juga tentang pemahaman terhadap potensi-potensi merugikan seperti munculnya fintech illegal, investasi bodong, serta bagaimana setiap investor dapat lebih cerdas memilih instrumen investasinya," katanya.

Ia mengaku sangat apresiatif terhadap sambutan Pemerintah Kabupaten Wonosobo yang bersedia membuka sarana edukasi berupa sekolah pasar modal kepada warga masyarakatnya agar mereka tidak terjebak dalam iming-iming investasi berujung petaka.

Ia menuturkan saat ini literasi investasi dan inklusi pasar modal masyarakat masih sangat rendah, yaitu di bawah 5 persen. "Kehadiran sekolah pasar modal ini membuka kesempatan luas kepada masyarakat umum untuk dapat memahami seluk-beluk investasi, sekaligus meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal," kata Tias.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement