Jumat 15 Oct 2021 12:48 WIB

GACA Umumkan Aturan Pembatalan Penerbangan di Saudi

GACA telah mengeluarkan peraturan terbaru terkait penanganan tiket

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Saudi Arabian Airlines
Foto: saudigazette
Saudi Arabian Airlines

IHRAM.CO.ID, RIYADH — Otoritas Umum Penerbangan Sipil (GACA) Arab Saudi telah mengeluarkan peraturan terbaru terkait penanganan tiket penerbangan yang dibatalkan akibat pandemi Covid-19. Langkah ini bertujuan untuk memberikan fleksibilitas yang diperlukan bagi para pelancong, mempertahankan standar kualitas dan efisiensi tertinggi dalam layanan, dan melestarikan hak-hak para pelancong.

Dilansir dari Saudi Gazette, Jumat (15/10), surat edaran GACA baru menetapkan bahwa maskapai penerbangan yang telah membatalkan penerbangan apa pun karena pandemi Covid-19 harus mengatasi situasi pelancong sebagai berikut:

Pertama, jika pelancong memilih untuk mengakhiri kontrak, nilai tiket (rencana perjalanan yang tidak digunakan) akan dikembalikan menurut cara pembayaran.

Kedua, dalam hal mengeluarkan voucher penukaran kepada pelancong, pelancong memiliki pilihan untuk menggunakan kembali, atau menebusnya, sesuai keinginan penumpang, tanpa membayar jumlah tambahan, atau biaya penukaran.

Ketiga, jika penumpang setuju untuk menjadwal ulang penerbangannya, maka tidak akan dimintai biaya tambahan apa pun berada dalam rencana perjalanan yang sama. Tetapi jika penumpang meminta perubahan rencana perjalanan, maskapai penerbangan berhak untuk memungut selisih tarif saja tanpa menambahkan biaya lain untuk tujuan penjadwalan ulang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement