Islam Mengajarkan Muslim Bekerja

Jumat , 15 Oct 2021, 16:00 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Agung Sasongko
Bekerja di rumah saat pandemi. Ilustrasi
Bekerja di rumah saat pandemi. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, Agama Islam mengajarkan pemeluknya untuk berikhtiar dalam memenuhi setiap kebutuhan hidupnya dengan cara bekerja. Apapun itu pekerjaannya baik di sektor jual beli, pertanian, jasa, atau lainnya. Yang terpenting pekerjaan yang digeluti adalah pekerjaan yang tidak bertentangan dengan syariat, atau cara dalam memperoleh keuntungan tidak melanggar syariat.

 

Terkait

Allah Subhanahu wa Ta'ala yang menghendaki langsung agar manusia mencari rezeki dengan bekerja. Ketika seorang hamba telah menunaikan kewajiban sholatnya, Allah memperkenankan setiap orang untuk kembali ke pekerjaannya masing-masing dan meraih karunia Allah lewat pekerjaannya itu. Dan dalam bekerja itu, maka seorang hamba harus terus mengingat Allah. Sebab hanya Allah lah yang memberikan rezeki. Allah berfirman: 

Baca Juga

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانتَشِرُ‌وا فِي الْأَرْ‌ضِ وَابْتَغُوا مِن فَضْلِ اللَّـهِ وَاذْكُرُ‌وا اللَّـهَ كَثِيرً‌ا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ ﴿١٠﴾

Apabila telah selesai sholat, maka bertebaranlah kamu semua di muka bumi, dan cari olehmu sebagian dari karunia Allah, dan berzikirlah kamu kepada allah dengan zikir yang banyak, agar kalian beruntung. (Alquran surat Al Jumuah ayat 10).

Maka bagi seorang Muslim itu tidak boleh berpangku tangan kepada orang lain dalam kehidupannya. Sebab Allah sangat mencintai orang-orang yang mau bercucuran keringat dengan bekerja yang halal.  

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُؤْمِنَ الْمُحْتَرِفَ.

Rasulullah ﷺ bersabda: Sesungguhnya Allah itu mencintai orang mukmin yang bekerja. (HR. Thabrani).

 

 

 

 
 

 

BERITA TERKAIT