13 Manfaat Sedekah Bagi Muslim

Sabtu , 16 Oct 2021, 05:50 WIB Reporter :Imas Damayanti/ Redaktur : Esthi Maharani
Ilustrasi Sedekah
Ilustrasi Sedekah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Sedekah merupakan amalan ibadah yang memiliki manfaat bagi pelakunya. Bersedekah sejatinya bukanlah perkara yang secara zahir terlihat membantu orang lain, melainkan juga membantu pelakunya dari berbagai hal perkara duniawi maupun ukhrawi.

 

Terkait

Terkait sedekah telah disinggung dalam Alquran Surah Al-Baqarah ayat 276, Allah berfirman, “Yamhaqullahu ar-ribaa wa yurbi as-shadaqaati,”. Yang artinya, “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah,”.

Dilansir di El-Balad, Jumat (15/10), Wali Fatwa di Darul Ifta Mesir, Syekh Magdy Ashour menjelaskan 13 manfaat yang dihasilkan dari bersedekah. Berikut manfaatnya:

1. Memadamkan murka Allah dengan bersedekah. Terutama sedekah yang sifatnya rahasia, yakni diam-diam tanpa harus diperlihatkan ke khalayak luas. Meski mensyiarkan sedekah diperbolehkan, namun merahasiakannya adalah lebih utama.

2. Bersedekah dapat menghapuskan dosa. Bersedekah juga dapat memadamkan api neraka baginya, sedekah diibaratkan air yang memadamkan api.

3. Bersedekah juga dapat membuat seorang Muslim mencegah dirinya masuk ke dalam neraka. Sedekah dapat menjadi salah satu perisai diri menghindari neraka, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, “Ittaqunnara walaw bisyiqqi tamratin,”. Yang artinya, “Jagalah diri kalian dari neraka sekalipun hanya dengan sebiji kurma,”.

4. Sedekah dapat menjadi amalan pelindung yang membayangi pelakunya di hari kiamat. Dia (amalan sedekah) akan membentengi pelakunya.

5. Sedekah dapat menjadi obat dari penyakit hati maupun fisik.

6. Sedekah dapat menjadi tangga bagi seorang Muslim dalam menggapai derajat kebenaran.

7. Sedekah dapat menahan perilaku boros. Di mana sifat boros tidak dianjurkan dalam Islam karena menghasilkan kemudharatan.

8. Sedekah dapat mendatangkan keberkahan. Baik keberkahan secara materi di dunia, maupun keberkahan di hari hisab dengan hadirnya pahala-pahala.

9. Sedekah dapat menggandakan pahala seseorang.

10. Sedekah dapat menjadi alasan seseorang untuk masuk surga. Amalan sedekah dapat menjadi pemanggil seorang Muslim masuk ke dalam surga.

11. Sedekah dapat memberikan ketentraman dan kenyamanan hati. Secara psikologis sedekah dapat menghindari seseorang dari stres dan depresi sebab ada kepuasan sosial yang baik di dalamnya.

12. Sedekah dapat menjadi bukti keikhlasan seorang Muslim.

13. Sedekah dapat mensucikan harta.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini