Jumat 15 Oct 2021 20:00 WIB

Rusia: Taliban Konfirmasi Bergabung dalam Perundingan Moskow

Taliban belum mengumumkan nama anggota yang akan terlibat dalam perundingan.

 Pejuang Taliban mengawal wanita berbaris mendukung pemerintah Taliban di luar Universitas Kabul, Afghanistan, pada Sabtu, 11 September 2021.
Foto: AP Photo/Bernat Armangue
Pejuang Taliban mengawal wanita berbaris mendukung pemerintah Taliban di luar Universitas Kabul, Afghanistan, pada Sabtu, 11 September 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Perwakilan khusus Presiden Rusia Vladimir Putinmengatakan perwakilan Taliban telah mengkonfirmasi akan terlibat dalam pembicaraan tentang Afghanistan di Moskow pekan depan.  Pernyataan Zamir Kabulov itu dipublikasikan kantor berita Rusia, Jumat (15/10).

Ia mengatakan Taliban telah mengkonfirmasi kehadiran mereka dalam pembicaraan yang digelar Rabu (20/10) pekan depan. Tapi belum mengumumkan anggota yang akan mewakili mereka.  

Baca Juga

Moskow menjadi tuan rumah konferensi internasional mengenai Afghanistan bulan Maret lalu. Rusia, Amerika Serikat (AS), China dan Pakistan lalu merilis pernyataan bersama yang meminta semua pihak di Afghanistan meraih kesepakatan dan menghindari kekerasan.

AS dan sekutu-sekutunya sudah menarik pasukan mereka setelah berperang di Afghanistan selama 20 tahun. Taliban merebut kekuasaan dan pemerintah yang didukung masyarakat internasional ambruk.

Kini Rusia khawatir mengenai potensi jatuhnya pemerintah seluruh kawasan dan kemungkinan teroris menyusup ke negara-negara bekas Uni Soviet di Asia Tengah. Moskow menempatkan mereka sebagai pertahanan garis depan.

Sejak Taliban merebut kekuasaan di Afghanistan, Moskow sudah menggelar beberapa latihan militer di Tajikistan. Rusia juga meningkatkan kekuatan di pangkalan militer mereka di sana. n Lintar Satria/Reuters 

 

 

sumber : Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement