Wapres Ingin Papua dan Papua Barat Lebih Maju

Jumat , 15 Oct 2021, 20:38 WIB Reporter :Fauziah Mursid/ Redaktur : Muhammad Hafil
Wapres Ingin Papua dan Papua Barat Lebih Maju. Foto:  Peta Papua. Ilustrasi
Wapres Ingin Papua dan Papua Barat Lebih Maju. Foto: Peta Papua. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, Pemerintah bertekad ingin mengembangkan berbagai sektor di Papua dan Papua Barat. Wapres mengatakan, tak hanya setara dengan daerah lain, Papua dan Papua Barat diharapkan bisa lebih maju.

 

Terkait

"Pemerintah pusat bertekad, kami ingin membuat Papua Barat dan Papua ini tidak hanya sederajat, tetapi juga kami ingin lebih maju dari daerah-daerah yang lain,” ujar Wapres Ma’ruf saat bersilaturahmi dengan pimpinan dan tokoh agama di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Paulus Sowi 4 di Manokwari, Papua Barat, Jumat. (15/10).

Baca Juga

Wapres optimistis kemajuan tersebut bisa dicapai dengan tekad dan upaya bersama untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada. Karena itu, ia mendorong pendidikan pengembangan dan pelatihan kepada masyarakat Papua maupun Papua Barat.

"Kami liat punya talenta yang cukup bagus, seperti semboyan orang Papua, Torang Bisa, karena itu Torang Bisa ini kita inginkan tidak hanya menjadi semboyan tapi akan terbukti melalui upaya pendidikan pengembangan dan juga pelatihan," katanya.

Karena itu, ia menekankan pentingnya pengembangan pendidikan sebagai salah satu program prioritas nasional untuk membangun sumber daya manusia (SDM) unggul. Ia pun meminta kementerian dan lembaga terkait serta pemerintah daerah fokus dalam mengembangkan kemajuan pendidikan.

Dalam kesempatan itu, Wapres juga memberi bantuan kepada gereja untuk pengembangan sekolah dan rumah ibadat GKI Paulus Sowi .

"Karena saya tadi menerima informasi dari Ibu pendeta, disini sedang dikembangkan pendidikan dan juga ada pembangunan gedung baru gereja, karena sudah tidak muat lagi dan juga sekolah yang ada masih menumpang di tempat SD," ujar Wapres.

Wapres juga meminta Menteri Ketenagakerjaan yang turut hadir, agar mengembangkan program pendidikan vokasi melalui Balai Latihan Kerja (BLK) di Papua Barat. Hal ini untuk meningkatkan kualitas SDM dengan memberikan kemampuan skilling, upskiling, bahkan juga reskilling.

"Saya minta supaya di Papua Barat ini upaya peningkatkan (pendidikan) terus digembleng, (sehingga) melahirkan SDM yang unggul," katanya.

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini