Bursa Saham Moskow Luncurkan Indeks Investasi Islam Pertama

Jumat , 15 Oct 2021, 21:43 WIB Reporter :Meiliza Laveda/ Redaktur : Ani Nursalikah
Bursa Saham Moskow Luncurkan Indeks Investasi Islam Pertama. Ilustrasi
Bursa Saham Moskow Luncurkan Indeks Investasi Islam Pertama. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, MOSKOW -- Bursa Saham Moskow mengumumkan rencana meluncurkan indeks investasi Islam pertama Rusia, Kamis (14/10). Keputusan tersebut dijalankan bersama Sberbank.

 

Terkait

Pihak bursa mengatakan telah mulai perhitungan dua indeks baru, yaitu MOEX Shariah Index dengan ticker MXSHAR dan MOEX Shariah Total Return Index dengan ticker MXSHARTR. Mereka dirancang untuk memungkinkan investor yang sesuai dengan syariah berinvestasi dalam instrumen yang dibuat berdasarkan syariah dan prinsip-prinsip keuangan serta kegiatan ekonomi lainnya.

Baca Juga

Dilansir Anadolu Agency, Jumat (15/10), indeks syariah MOEX akan didasarkan pada pemilihan efek dari penerbit yang telah lulus prosedur verifikasi kepatuhan terhadap prinsip syariah. Sedangkan penerbit akan dipilih oleh dewan pengawas syariah.

Dewan akan dibentuk oleh Sberinvest Middle East Limited di Uni Emirat Arab (UEA) yang akan memastikan sekuritas akan dilindungi untuk kepatuhan dengan syariah.

 "Tujuan Bursa Moskow adalah menyediakan akses ke pasar keuangan Rusia untuk semua kategori investor dan memberi mereka berbagai peluang investasi. Kami telah membuat indeks investasi Islam pertama Rusia bersama dengan Sber. Kami ucapkan terima kasih atas kerja sama dan harapan mereka bahwa indeks akan menjadi tolok ukur penciptaan instrumen bursa baru," kata Anggota Dewan Eksekutif dan Direktur Pelaksana Penjualan dan Pengembangan Bisnis di Moscow Exchange Igor Marich, dikutip Moex.

Wakil Presiden Senior Sberbank mengatakan bersama dengan Bursa Moskow, ia telah menghadirkan instrumen investasi yang andal untuk kategori besar dan penting dari klien sesuai dengan syariah Islam. "Saya yakin indeks halal juga akan populer dengan berbagai investor," ujar dia. 

https://www.aa.com.tr/en/economy/moscow-exchange-to-launch-russias-first-islamic-investment-index/2392552

https://www.moex.com/n36913/?nt=206

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini