Wapres Sebut Tiga Poin Penting PON XX Papua 2021   

Sabtu , 16 Oct 2021, 10:10 WIB Reporter :Ikhwanuddin/ Redaktur : Muhammad Hafil
Wapres Sebut Tiga Poin Penting PON XX Papua 2021. Foto: Suasana pertunjukkan kembang api saat Upacara Penutupan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021).
Wapres Sebut Tiga Poin Penting PON XX Papua 2021. Foto: Suasana pertunjukkan kembang api saat Upacara Penutupan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021).

IHRAM.CO.ID,JAYAPURA -- Penyelenggaraan PON XX Tahun 2021 resmi ditutup Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin pada Jumat (15/20) malam WIT di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura.

 

Terkait

Dalam sambutannya, Ma'ruf Amin membeberkan tiga catatan penting yang membuat pelaksanaan PON XX Tahun 2021 yang telah sukses diselenggarakan sejak tanggal 2 hingga 15 Oktober 2021 tidak mudah untuk dilakukan.

Baca Juga

Tiga catatan penting itu adalah pembangunan infrastruktur olahraga yang dilakukan sangat masif dengan standar kualitas internasional.

Kedua, lokasi venue PON XX dengan 44 arena tersebar di empat kluster yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke yang membuat edisi PON kali ini sangat unik.

"Dan jarak antara venue merupakan yang paling terjauh dan belum pernah ada di penyelenggaraan PON selama ini," kata Ma'ruf.

Catatan ketiga, bahwa PON XX 2021 diselenggarakan dalam kondisi pandemi Covid 19 yang menuntut kerja eksra dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat namun bisa terlaksana hingga rampung dengan sangat baik.

"Bagi saya, ini merupakan PON tersulit yang bisa diselenggarakan tapi ternyata warga Papua bukan saja mampu menyelenggarakannya tetapi warga papua bahkan berhasil menyelenggarakannya dengan sempurna," katanya.

Ia juga menyampaikan selamat bagi masyarakat papua karena sukses penyelenggaraan PON XX telah menunjukan bahwa Papua bukan cuma sejajar dengan provinsi di Indonesia tetapi dalam beberapa aspek justru lebih unggul.

"Ini sesuai dengan semboyan Torang bisa, dan Torang bisa bukan hanya semboyan tetapi nyata dan terbukti," ujarnya.

Catatan impresif dari PON Papua KONI pusat mencatat ada 60 rekor baru tercipta di PON XX. 

Dari 37 cabor, 65 disiplin 681 nomor pertandingan, Provinsi Jawa Barat menjadi juara umum dan penyelenggaran PON XXI tahun 2024 akan diselenggarakan di Aceh dan Sumatera Utara.

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini