Ahad 17 Oct 2021 08:13 WIB

Produk Indonesia Dipromosikan di Shanghai

China adalah investor asing kedua terbesar di Indonesia.

The Colour of Indonesia dibuka di Shanghai, Jumat (15/10).
Foto: Dokumentasi KJRI SHnaghai
The Colour of Indonesia dibuka di Shanghai, Jumat (15/10).

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI -- Produk dan budaya Indonesia dipromosikan di Shanghai, China. Kegiatan ini bertema "The Colours of Indonesia: Kopi Indonesia in Shanghai" dan digelar di Sinar Mas Plaza Shanghai, 15-17 Oktober.  

“The Colours of Indonesia” dibuka secara resmi oleh Duta Besar (Dubes) RI untuk China dan Mongolia Djauhari Oratmangun. Hadir pula Konsulat Jenderal RI Shanghai, Pimpinan Sinar Mas Group APP China, Presiden dan ketua Indonesia Chamber of Commerce in China Region (INACHAM), pendiri dan ketua Human Letters International Center Shanghai, serta kalangan pimpinan institusi bisnis dan mitra sahabat perusahaan China di Shanghai.

"Hubungan persahabatan dan kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok berkembang dengan pesat dan hampir satu dekade terakhir telah memasuki jenjang hubungan bilateral pada tingkat 'Kemitraan Strategis'," kata Djauhari dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Sabtu (16/10).

Pengembangan tersebut, kata Djauhari, terutama di bidang kerja sama ekonomi, bisnis, perdagangan, dan investasi yang saling menguntungkan bagi masyarakat kedua negara. Dalam konteks kerja sama ekonomi, dalam kurun waktu lima tahun terakhir, hubungan perdagangan dan investasi kedua negara meningkat tajam, bahkan di tengah global pandemi Covid-19. 

Secara keseluruhan, total nilai perdagangan kedua negara dari tahun 2017 s.d bulan Juli 2021 mencapai 355,51 milyar dolar AS (ekspor Indonesia ke China 158,20 milyar dolar AS dan ekspor China ke Indonesia sebesar 197,31 milyar dolar AS). Pada periode Januari-Juli 2021 nilai perdagangan bilateral kedua negara sudah capai 61,5 milyar dolar AS (ekspor China 31,7 milyar dolar AS dan ekspor Indonesia mencapai 29,8 milyar dolar AS). 

Di sektor Investasi, realisasi investasi China di Indonesia dalam kurun enam tahun terakhir (2016-Juli 2021) mencapai  19,70 milyar dolar AS. Realisasi investasinya pada Juli 2021 tercatat sebesar 1,7 milyar dolar AS dan menjadikan China menjadi investor kedua terbesar di Indonesia.

Kegiatan Promosi Produk dan Budaya Indonesia merupakan inisiasi KJRI Shanghai dan didukung oleh ITPC Shanghai, Sinar Mas Group – APP China, kalangan perusahaan dan pebisnis Indonesia di Shanghai yang tergabung dalam Indonesia Chamber of Commerce in China Region (INACHAM), Human Letters International Center (HLIC) Shanghai, Tim Kesenian, Angklung dan Fashion Show dari Asosiasi Komunitas Ibu-ibu Masyarakat dan Diaspora Indonesia, serta para pelajar Indonesia di Shanghai. 

Promosi ini menampilkan promosi berbagai produk food manufactures dan produk lainnya dari perusahaan Indonesia di Shanghai, antara lain; Mayora, Kapal Api, Balini Coffee, Yes Cofie, Yantyty Group, Rusto Tempeh, Sinar Mas APP China, Indonesia Street Art. Company & Taihe Group, Kayu Manis Spa & Resort, Indofood, iLetters International Center, Papatonk, Mandiri Shanghai, dan juga dimeriahkan pameran produk Batik oleh DWP KJRI Shanghai. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement