Senin 18 Oct 2021 10:17 WIB

LPPI: Perbankan Syariah Harus Prioritaskan GCG

Praktik GCG akan menentukan pertumbuhan kinerja bank syariah.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Fuji Pratiwi
Direktur Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Mulya E Siregar. Mulya mengatakan, perbankan syariah harus memprioritaskan GCG.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Direktur Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Mulya E Siregar. Mulya mengatakan, perbankan syariah harus memprioritaskan GCG.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perbankan syariah perlu mempersiapkan bisnis seiring dengan tantangan yang muncul.

Direktur Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Mulya E Siregar mengatakan, terdapat beberapa isu yang menantang dalam industri perbankan syariah saat ini. Pertama adalah sinergi antara induk usaha dan subsidiarinya.

Baca Juga

Kedua mengenai digital banking dan kaum milenial. Ketiga mengenai sustainable finance yang terus dipromosikan oleh regulator.

Selanjutnya adalah mengenai pengelolaan dana haji dan juga dampak dari Covid-19. Isu penting lainnya adalah regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkini yang mengatur perbankan termasuk lini syariah di dalamnya.

 

"Dan satu lagi yang tidak bisa kita kesampingkan karena waktunya yang makin mendesak adalah mengenai spin off atau leveraging," kata Mulya dalam seminar virtual baru-baru ini.

Mengenai isu terakhir tersebut, perbankan memang hanya dihadapkan pada pilihan tersebut di masa depan. Pada akhirnya pilihan spin off atau konversi dimaksudkan untuk memajukan industri perbankan syadiah.

Berdasarkan kajian LPPI dari data-data yang dikumpulkan dan dikelola, yang terpenting dari semua itu adalah terkait praktik Good Corporate Governance (GCG) di bank syariah. Mulya mengatakan, LPPI sering mendapat pertanyaan terkait ini.

"Kami di LPPI sering ditanya manakah yang akan lebih baik, spin off atau konversi? Berdasarkan data-data yang kami peroleh, apapun pilihannya tidak menentukan baik buruk kinerja bank syariah selanjutnya," kata dia.

Berdasarkan analisis LPPI yang menentukan kinerja baik atau tidak ke depannya adalah penerapan GCG. Menurut mantan Komisaris Utama Bank Syariah Indonesia ini, praktik GCG akan menentukan pertumbuhan kinerja bank syariah lebih cepat dibandingkan yang tidak menerapkannya.

Berdasarkan riset GCG yang dilakukan LPPI, terdapat hubungan antara skor GCG yang kecil. Artinya penerapannya semakin bagus dengan pertumbuhan kinerja bank umum syariah. Jadi apapun pilihannya, jika penerapan GCG mendapat perhatian serius dari pengelola bank maka akan lebih besar potensinya untuk meningkatkan kinerja BUS dalam beberapa waktu ke depan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement