Senin 18 Oct 2021 14:06 WIB

Tak Ada Bendera RI di Piala Thomas, Menpora Minta Maaf

Tidak ada bendera merah putih di Piala Thomas, Menpora minta maaf.

Rep: Muhammad Ikhwanudin/ Red: Agung Sasongko
Menpora Zainudin Amali.
Foto: Tangkapan layar Zoom
Menpora Zainudin Amali.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --  Tim bulutangkis putra Indonesia akhirnya kembali berhasil menjuarai Piala Thomas sekaligus mengakhiri penantian selama 19 tahun. Akan tetapi, hanya bendera Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang tampil di podium tertinggi.

Hal itu memantik polemik di dunia maya. Teguran keras dari Badan Antidoping Dunia (WADA) terhadap pemerintah Indonesia ditengarai menjadi penyebab bendera kebanggaan tak mampu berkibar.  

Baca Juga

Pemerintah RI melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyampaikan permohonan maaf secara terbuka menyusul absennya bendera merah-putih di panggung Piala Thomas 2021. 

"Saya ingin memohon maaf terhadap kejadian ini. Seharusnya kita menikmati kegembiraan (menjuarai) Piala Thomas tetapi menjadi kurang karena tidak ada bendera merah-putih. Saya mohon maaf kepada seluruh rakyat Indonesia," kata Menpora RI, Zainudin Amali dalam konferensi pers daring di Jakarta, Senin (18/10). 

 

Sebagai tindak lanjut, Kemenpora bersama National Olympic Comittee dan Lembaga Antidoping Indonesia (LADI) membentuk tim khusus untuk melakukan investigasi dalam mencari penyebab masalah ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement