Senin 18 Oct 2021 15:53 WIB

Beredar Video Muslimah Dipaksa Lepas Jilbab di India

Video tersebut mendapatkan berbagai komentar dan kecaman.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Beredar Video Muslimah Dipaksa Lepas Jilbab di India
Foto: Republika/Thoudy Badai
Beredar Video Muslimah Dipaksa Lepas Jilbab di India

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Sebuah video menunjukkan seorang perempuan di India dipaksa melepaskan jilbabnya. Diduga peristiwa itu terjadi di Madhya Pradesh, India pada Sabtu (16/10) lalu.

Dalam video tersebut terlihat seorang wanita Muslim yang tengah berboncengan di motor. Mereka kemudian dihentikan oleh sekelompok orang dan ia dipaksa melepaskan jilbabnya. Video tersebut mendapatkan berbagai komentar dan kecaman. 

Baca Juga

Beberapa orang menduga pasangan itu dihentikan oleh sekelompok orang di Islam Nagar Bhopal karena mereka mencurigai pria yang membonceng wanita itu adalah Muslim, sedangkan wanita itu beragama Hindu. Sehingga ketika mereka melihatnya mengenakan pakaian Muslim, itu membuat mereka marah dan memaksa wanita tersebut melepaskan jilbabnya.

Sedangkan menurut The Indian Express, gadis itu adalah Muslim sementara pria itu beragama Hindu. Gadis itu dihina karena berboncengan dengan seseorang dari agama lain.

Terlepas dari kritik luas, polisi di Madhya Pradesh belum mendaftarkan kasus terhadap orang-orang yang bertanggung jawab atas tindakan tersebut. Polisi menahan dua pria yang terlihat dalam video, tetapi hanya memberikan peringatan kemudian melepaskan mereka.

"Seorang pria dan wanita datang ke Islam Nagar pada sore hari. Beberapa orang menghentikan mereka dan memintanya untuk melepas jilbabnya dan menunjukkan wajahnya. Diduga orang-orang percaya pria itu beragama Hindu dan gadis itu Muslim," kata polisi Bhopal kata petugas RS Verma kepada media India.

"Tidak ada kasus yang terdaftar tetapi tindakan pencegahan telah diambil terhadap dua pria yang terlihat dalam video, dan dibebaskan setelah mendapatkan peringatan untuk tidak mengulangi tindakan seperti itu", kata Verma dilansir dari Sputnik News, Senin (18/10).

Peristiwa ini bukan kali pertama seorang Muslimah India dipaksa melepaskan jilbab mereka. Sebelumnya pada 2014 seorang pria Hindu dipukuli oleh preman karena memberikan tumpangan sepeda kepada Muslimah di Bengaluru. Ketegangan sosial antara muslim dan Hindu di India meningkat sejak kenaikan Perdana Menteri Narendra Modi pada 2014.

https://sputniknews.com/20211017/muslim-woman-riding-a-two-wheeler-forced-to-take-off-hijab-in-indias-madhya-pradesh---video-1089980211.html

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement