Selasa 19 Oct 2021 06:00 WIB

Infografis Tiga Alasan Mencintai Sunnah Nabi Muhammad

Tiga Alasan Mencintai Sunnah Nabi Muhammad.

Foto: Republika
Infografis Tiga Alasan Mencintai Sunnah Nabi Muhammad. Foto: Nabi Muhammad (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,

Tiga Alasan Mengikuti Sunnah Nabi

1. Anjuran untuk tidak masuk dalam perselisihan sunnah karena akan binasa. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Biarkanlah apa yang telah aku tinggalkan untuk kalian. Sesungguhnya orang-orang sebelum kalian binasa karena pertanyaan dan perselisihan mereka kepada para Nabinya. Jika aku perintahkan kepada kalian terhadap suatu perkara maka laksanakanlah semampu kalian, dan jika aku larang kalian dari suatu perkara maka jauhilah." 

2. Mentaati sunnah Rasulullah adalah wujud ketaatan kepada Allah.

"Barangsiapa menta'atiku maka ia telah ta'at kepada Allah dan barangsiapa durhaka kepadaku maka ia telah durhaka kepada Allah."

3. Diberikan kebaikan dunia.

Abu Dardaberkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam keluar menemui kami, sementara kami sedang memperbincangkan masalah kefaqiran dan kami merasa takut darinya. Lalu beliau bersabda: " Apakah kalian takut kepada kemiskinan? Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh akan diberikan kepada kalian dunia, hingga hati salah seorang dari kalian tidak bisa berpaling kecuali akan menemuinya. Sungguh, telah aku tinggalkan untuk kalian perkara terang benderang, malam dan siangnya sama." Abu Darda` berkata; "Demi Allah benar, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah meniggalkan bagi kita perkara yang terang benderang, malam dan siangnya sama."

Sumber: Kitab Sunan Ibnu Majah, Pengolah: Ratna Ajeng/Hafil, Ilustrator:

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement