Selasa 19 Oct 2021 09:06 WIB

Masjid Agung Marawi City Kembali Dibuka

Masjid Agung Marawi City Kembali Dibuka

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
 Masjid Agung Marawi City Kembali Dibuka. Foto: Pasukan pemerintah melintasi masjid di Marawi City, Filipina Selatan.
Foto: Romeo Ranoco/Reuters
Masjid Agung Marawi City Kembali Dibuka. Foto: Pasukan pemerintah melintasi masjid di Marawi City, Filipina Selatan.

IHRAM.CO.ID, MARAWI—Masjid Agung di Kota Marawi, Filipina telah dibuka untuk publik setelah selesai direnovasi. Sebelumnya, Masjid Agung Marawi City hancur karena pengepungan Marawi pada 2017, kata Presiden Filipina Rodrigo Duterte, mengatakan bahwa serangan tersebut didalangi oleh pasukan afiliasi Daesh.  

Menurut Duterte, masjid itu sangat penting bagi budaya dan agama para Muslim di kota Marawi dan sekitarnya. Restorasi masjid yang pertama kali didirikan pada 1950 itu merupakan bentuk kemenangan Filipina melawan terorisme. 

Baca Juga

“Izinkan saya menggunakan kesempatan ini untuk meyakinkan masyarakat Marawi bahwa pemerintah melakukan yang terbaik untuk mempercepat penyelesaian proyek rehabilitasi secepat mungkin. Kami, di pemerintahan, berkomitmen kuat untuk mengembalikan kejayaan kota ini,” katanya dalam pidato utamanya di Taman Rizal di Kota Marawi, Lanao del Sur.

Duterte mengatakan "sangat penting" untuk membangun kembali kehidupan penduduk Kota Marawi yang hancur setelah pengepungan yang dimulai pada 23 Mei 2017 antara pasukan pemerintah dan teroris. Dia menambahkan bahwa pemerintah bertekad untuk memulihkan properti yang rusak dan merevitalisasi kegiatan sosial ekonomi yang terganggu.

Duterte berharap tidak akan ada lagi pengepungan seperti Marawi di negara ini sambil memuji pasukan negara dan penduduk setempat atas "keberanian, pengorbanan, dan tekad" mereka dalam mempertahankan dan membebaskan Kota Marawi.

"Kepada orang-orang Marawi dan kababayan (warga desa), yakinlah bahwa pemerintah ini, pemerintahan ini tetap teguh dalam mengamankan negara kita dari terorisme, ekstremisme kekerasan, dan elemen-elemen tanpa hukum lainnya," kata Duterte. 

"Dengan dukungan Anda, saya yakin bahwa kita akan mengatasi setiap tantangan yang mungkin menguji kekuatan dan persatuan kita sebagai sebuah bangsa."

Sumber:

https://www.manilatimes.net/2021/10/18/news/regions/marawi-citys-largest-mosque-inaugurated/1818814

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement