Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Wind Droid

Cara Belanja di Shopee Gratis Ongkir

Gaya Hidup | Monday, 18 Oct 2021, 20:19 WIB

Shopee merupakan marketplace yang menyediakan berbagai macam produk mulai dari fashion, kosmetik, perabotan rumah, skincare dan lainnya.

Jika kamu ingin membeli produk di Shopee tetapi masih bingung karena baru pertama kali, tenang, kami akan memandu kamu bagaimana cara belanja di Shopee dari memilih produk hingga pembayaran.

Cara Belanja di Shopee Untuk Pemula

1. Instal Aplikasi Shopee

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menginstal aplikasi Shopee ke smartphone. Aplikasi bisa diunduh secara gratis melalui Play Store dan App Store.

2. Membuat Akun Shopee

Langkah kedua adalah membuat akun baru di aplikasi Shopee. Caranya cukup mudah, pada aplikasi Shopee, pilih menu saya di sebelah kanan bawah. Kemudian pilih daftar, selanjutnya masukkan nomor ponsel kamu dan pilih lanjut.

Shopee akan mengirimkan kode OTP melalui SMS ke ponsel kamu. Buka SMS tersebut dan masukkan kode OTP yang diberikan. Lalu klik lanjut.

Langkah selanjutnya, kamu akan diminta untuk membuat password baru. Buatlah yang mudah diingat tetapi sulit ditebak.

Setelah memasukkan password, langkah terakhir klik daftar. Maka kamu berhasil mendaftar dan akan diarahkan ke halaman depan aplikasi Shopee.

3. Memilih Produk

Setelah berhasil membuat akun, sekarang saatnya untuk mencari produk yang ingin kamu beli.

Caranya cukup mudah, karena aplikasi Shopee dibuat agar mudah digunakan oleh penggunanya.

Pada menu pencarian di bagian atas, silakan ketik nama produk yang ingin dicari. Misalnya 'sepatu pria murah'.

Maka Shopee akan memberikan hasil berdasarkan kata kunci tadi. Shopee akan menampilkan produk dengan iklan terlebih dahulu di posisi paling atas.

Kemudian di bawahnya akan tampil produk yang menurut algoritma Shopee paling sesuai dengan apa yang kamu cari.

Tips: Untuk menemukan produk yang sesuai dengan keinginan, gunakan fitur filter di bagian atas.

4. Beli Produk

Setelah kamu cocok dengan barang pilihan kamu, sekarang waktunya membeli barang tersebut.

Caranya adalah dengan klik produk tersebut dan pilih beli sekarang di bagian bawah. Jika produk yang kamu pilih memilik variasi, misalnya ukuran dan warna, silakan pilih sesuai keinginan.

5. Mengisi Alamat Pengiriman

Langkah selanjutnya adalah melengkapi alamat pengiriman agar kurir bisa mengantar paket ke rumah kamu.

Tulis alamat selengkap mungkin, mulai dari nomor rumah, RT/RW dan gang. Jika perlu tulis juga patokan dan warna cat rumah. Hal ini bertujuan agar memudahkan kurir menemukan alamat. Dengan begitu produk kamu bisa cepat sampai ke rumah.

6. Memilih Metode Pembayaran dan Kurir

Langkah berikutnya adalah memilih metode pembayaran. Shopee sendiri memberikan banyak opsi pembayaran, mulai dari transfer bank, Alfamart, Indomaret, Kartu Kredit, Pay Letter, Shopee pay dan COD (Cash On Delivery).

Nah, dalam memilih pembayaran ini, silakan sesuaikan yang menurut kamu paling mudah.

Namun jika ingin mendapatkan gratis ongkir, gunakan metode pembayaran menggunakan Shopeepay.

Shopeepay merupakan dompet digital milik Shopee, kamu bisa top up dengan cara transfer. Setelah top up, kamu bisa menggunakan saldo Shopeepay untuk membayar belanjaan di Shopee.

Setelah memilih pembayaran, klik konfirmasi. Berikutnya adalah memilih jasa pengiriman atau kurir.

Shopee menyediakan berbagai macam ekspedisi untuk mengirimkan paketnya. Seperti JNE, J&T, Shopee Express, SiCepat, Ninja dan lainnya.

Silakan pilih yang menurut kamu paling bagus dan paling cepat mengirimkan paket ke alamat kamu. Selanjutnya klik buat pesanan di sebelah kanan bawah.

Setelah itu jika kamu memilih cara pembayaran menggunakan transfer bank, maka akan ditunjukkan bagaimana cara membayarnya.

Tetapi jika memilih Shopeepay sebagai metode pembayaran, maka kamu hanya disuruh memasukkan pin Shopeepay.

7. Tunggu Pesanan Sampai

Setelah pembayaran berhasil diverifikasi oleh Shopee, maka pesanan kamu otomatis akan diteruskan ke penjual untuk segera diproses.

Kamu cukup menunggu penjual menyerahkan kepada ekspedisi yang sebelumnya telah kamu pilih.

Setelah itu, pesanan kamu statusnya akan berubah dari sedang diproses menjadi dikirim. Yang artinya pesanan sudah dikirim oleh kurir menuju alamat kamu.

Nah, agar kamu bisa memantau paket yang dikirimkan, gunakan layanan cek resi dari Resimu.net.

Situs tersebut akan melacak pesanan dari berbagai ekspedisi di Indonesia. Misalnya jasa kirim yang kamu pilih adalah SiCepat, maka gunakan layanan cek resi SiCepat. Dengan melacak nomor resi, kamu jadi tahu kapan pesanan akan tiba.

Demikian penjelasan lengkap bagaimana cara belanja di Shopee dengan gratis ongkir. Semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image