Sekjen Muhammadiyah: Maulid Nabi Momentum Teladani Kesabaran

Selasa , 19 Oct 2021, 13:11 WIB Reporter :Ratna Ajeng Tedjomukti/ Redaktur : Agung Sasongko
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sekjen Muhammadiyah Prof Abdul Mu'ti mengatakan salah satu tujuan dari peringatan Maulid Nabi adalah untuk meneladani peri kehidupan dan akhlak Nabi Muhammad saw. 

 

Terkait

"Di antara keteladanan Nabi Muhammad adalah kesabaran dalam menghadapi berbagai kesulitan dan mengalami ujian kehidupan. Kesabaran inilah yang menjadi kunci sukses perjuangan Nabi,"ujar dia, Selasa (19/10).

Baca Juga

Beliau tidak menyerah di tengah kesulitan dan tidak mudah marah menghadapi berbagai hujatan. Di tengah pandemi Covid-19 ini, kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi musibah sangat diperlukan. Karena itu, dalam peringatan Maulid Nabi tahun ini hendaknya umat Islam dapat meniru keteladanan dan kesabaran Nabi. 

Sebelumnya, Ketua PP Muhammadiyah bidang kesehatan, Agus Taufiqurrahman mengatakan bahwa Muhammadiyah dalam melihat musibah tidak serta-merta menganggapnya sebagai azab. Hal itu merujuk kepada Fikih Kebencanaan yang diterbitkan oleh Majelis Tarjih PP Muhammadiyah.

Selain menggunakan pandangan melalui aspek keagamaan, Muhammadiyah dalam memandang pandemi covid-19 ini juga memakai kacamata keilmuan lain dan para akar untuk melakukan pengkajian fenomena ini. Pola pandang tersebut bisa menjadi teladan bagi umat manusia dalam penyelesaian pandemi covid-19.n Ratna Ajeng Tejomukti

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini