Sembilan Nagari di Selingkar Danau Maninjau Jadi Wisata

Rabu , 20 Oct 2021, 18:11 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Sembilan Nagari di Selingkar Danau Maninjau Jadi Wisata. Foto udara objek wisata Linggai Park yang baru selesai dibangun, di tepi Danau Maninjau, Kab.Agam, Sumatera Barat, Jumat (7/2/2020).
Sembilan Nagari di Selingkar Danau Maninjau Jadi Wisata. Foto udara objek wisata Linggai Park yang baru selesai dibangun, di tepi Danau Maninjau, Kab.Agam, Sumatera Barat, Jumat (7/2/2020).

IHRAM.CO.ID, LUBUK BASUNG -- Sembilan nagari atau desa adat di selingkar Danau Maninjau, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat akan dijadikan destinasi wisata.

 

Terkait

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam Syatria mengatakan, kesembilan nagari itu, yakni Nagari Maninjau, Bayua, Duo Koto, Koto Gadang, Kota Kaciak, Koto Malintang, Sungai Batang, Paninjauan, dan Tanjung Sani.

Baca Juga

"Sembilan nagari itu bakal dikembangkan menjadi nagari wisata untuk Agam wilayah barat," katanya, Rabu (20/10).

Ia mengatakan kawasan Kecamatan Tanjungraya merupakan satu paket dengan wisata di Puncak Lawang Kecamatan Matur. Untuk itu, semua nagari di Tanjungraya otomatis sebagai lokus utama pengembangan pariwisata Agam.

Pembenahan objek wisata di sekitar Danau Maninjau telah dilakukan dengan pengembangan Objek Wisata Sejarah Museum Buya Hamka, Pengembangan Objek Wisata Alam, kesenian anak nagari dan pemberdayaan sadar wisata di semua nagari. Pemkab Agam juga mengadakan Festival Danau Maninjau.

"Tapi dua tahun terakhir memang aktivitas wisata kita turun drastis karena pandemi Covid-19. Mudah-mudahan pandemi segera berakhir," katanya.

Ia menjelaskan konsep pengembangan wisata yang dilontarkan Bupati Agam, Andri Warman menjadi salah satu target besar yang akan dicapai. Sebagaimana yang sering didengar, bupati akan membangun sarana wisata moderen kereta gantung dari Puncak Lawang hingga Salingkar Danau Maninjau.

"Kami sedang mempersiapkan perencanaan sesuai arahan bupati, kami mohon dukungan semua pihak," katanya.

Secara keseluruhan Agam memiliki 21 nagari wisata. Agam punya branding "Agam Pesona Beragam" karena ada keberagaman dari sisi geografisnya, mulai dari laut, danau, gunung, ngarai, dan keanekaragaman kulinernya.

Saat ini, sektor pariwisata merupakan salah satu program unggulan. Dalam perencanaan nantinya akan diciptakannya beberapa destinasi baru, seperti taman safari di Kecamatan Canduang, kereta gantung dari Lawang hingga Danau Maninjau, dan masjid apung di Tiku.

"Apa yang akan kita lakukan ini untuk mewujudkan Nagari Wisata di Agam khususnya di Tanjungraya," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini