Lima Pesantren Ini Memenangkan Kompetisi Santri 4.0

Sabtu , 23 Oct 2021, 02:50 WIB Reporter :Muhyiddin/ Redaktur : Agung Sasongko
Ilustrasi Pondok Pesantren
Ilustrasi Pondok Pesantren

5. Ponpes Al-Mubarok Sungkai: Siskesakti

 

Terkait

Tim yang terdiri dari Ari Hidayat, M. Aminul Wahib, dan Ahmad Ariyianto ini menciptakan aplikasi bernama Siskesakti yang merupakan akronim dari Sistem Keuangan Santri dan Koperasi Berbasis Teknologi. Aplikasi yang sudah digunakan lebih dari 40 pesantren dan 12.000 santri ini memiliki fitur unggulan yakni pembayaran santri, pembelanjaan, fitur kopontren multi-cabang, dan lain-lain.

Keunggulannya, keuangan dalam sistem ini sepenuhnya dikelola pesantren secara mandiri. Apikasinya pun sederhana dan mudah digunakan. Tak jauh-jauh, ide pembuatan aplikasi ini datang dari kebiasaan santri yang boros membelanjakan uang bekal dari wali santri.

“Banyak laporan wali santri kalau anaknya di pesantren kok malah lebih boros. Dari situ kita buat aplikasi ini. Kita coba analisis, fitur apa yang dibutuhkan. Kita integrasikan keuangan santri dan wali santri.

Pesantren yang menjadi pemenang Kompetisi Santri 4.0 tersebut berharap, program pelatihan RMI dan AWS dapat terus berlangsung, sehingga dapat terus menginspirasi dan menghadirkan kolaborasi di lingkungan pesantren. Pesantren juga harus percaya diri bisa bersaing di ranah digital dan menjadi subyek atau pemain.

 

Sementara itu, perwakilan dari AWS, Farid mengungkapkan rasa bahagianya karena program ini memberikan dampak yang bermanfaat. “Ini bukan perkara mudah, karena selain belum ratanya infrastruktur seperti internet atau komputer, juga sebagian besar siswa kita belum memahami apa itu teknologi cloud,” jelasnya.