Ini Asosiasi Pertama yang Tandatangani Piagam Atlet Muslim

Jumat , 22 Oct 2021, 23:49 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Esthi Maharani
Pertandingan sepak bola ilustrasi
Pertandingan sepak bola ilustrasi

IHRAM.CO.ID, WALES --Asosiasi Sepak Bola Wales (FAW) menjadi badan sepak bola pertama yang menandatangani Piagam Atlet Muslim. Langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap olahragawan Muslim. Piagam atlet Muslim sebelumnya diluncurkan oleh Nujum Sports pada Juni 2021 untuk menantang berbagai organisasi membuat kemajuan dalam mendukung olahragawan Muslim.

 

Terkait

"Kami berkomitmen untuk membangun lingkungan dan budaya yang secara aktif mendukung semua agama di seluruh keluarga sepak bola di Wales," kata Manajer Kesetaraan, Keragaman, dan Integritas FAW Jason Webber, dilansir di laman About Islam, Jumat (22/10).

Dengan memanfaatkan kerangka Piagam Atlet Muslim dan bekerja sama dengan Nujum Sports, Webber mengatakan pihaknya akan memastikan bahwa para pemain Muslim didukung di lingkungan mereka untuk mempraktikkan keyakinan mereka saat bermain sepak bola.

"Agama dan keyakinan seseorang tidak boleh menjadi penghalang dan semua orang harus didukung dalam lingkungan yang inklusif sehingga mereka bisa menjadi diri mereka sendiri," ujarnya.

"Kami percaya bahwa sepak bola adalah tempat di mana setiap orang harus merasa bahwa mereka memiliki dan menandatangani Piagam ini membuat kami lebih dekat untuk mencapai visi ini," tambahnya.

Kepala eksekutif Nujum Sports, Ebadur Rahman, kepada The Athletic mengatakan bahwa Piagam Atlet Muslim adalah panduan bagi klub untuk membantu memberikan dukungan kepada pemain mereka dengan keyakinan mereka. Beberapa poin dari piagam ini adalah untuk menyediakan ruang sholat, makanan halal, dan mendukung mereka melewati hal-hal yang mungkin tidak sepenuhnya sesuai dengan keyakinan mereka seperti perjudian atau sponsor alkohol.

"Apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Ini bukan hanya untuk sepak bola, tetapi juga olahraga secara umum. Kami melihat ini di Piala Eropa ketika perhatian seputar pemain yang tidak menyukai sponsor alkoholik mendidik organisasi," kata Rahman.

Piagam tersebut mencakup 10 poin seperti tidak mengonsumsi alkohol, termasuk selama selebrasi, penyediaan tempat yang layak untuk beribadah, makanan halal, dan diizinkan untuk berpuasa di bulan Ramadhan.

Meskipun FAW adalah badan sepak bola pertama yang menandatangani piagam tersebut, lima klub Liga Premier dan 15 lainnya dari EFL telah berjanji untuk mendukung piagam tersebut. Juru kampanye Kick it Out dan Asosiasi Pendukung Sepak Bola juga telah memberikan dukungan mereka.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini