Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image olivia florendra

Cara Mudah Menghapus Data Cache di Android Supaya Smartphone Tidak Lemot

Teknologi | Friday, 22 Oct 2021, 21:21 WIB
Cara Menghapus Data Cache di Android

Data cache adalah data sementara yang disimpan di memori penyimpanan Android saat aplikasi berjalan di ponsel. Memori tidak persisten di ponsel, tetapi dapat mengganggu kinerja ponsel cerdas.

Data cache biasanya disimpan di ponsel Anda saat Anda berinteraksi dengan aplikasi seperti browser Google Chrome untuk mengunjungi situs tertentu, terutama saat pengguna membuka foto atau video.

Saat Anda membuka foto atau video, data yang di-cache secara otomatis disimpan ke Android sebagai file sementara. File sementara memungkinkan Anda memutar konten yang diinginkan lebih cepat di browser Anda.

Mempercepat browsing dan menghemat kuota yang digunakan untuk membuka file di internet. Oleh karena itu, data yang di-cache memiliki keuntungan besar dalam memfasilitasi pemutaran file tidak hanya untuk ponsel cerdas tetapi juga untuk pengguna.

Meski memiliki banyak kelebihan, data yang di-cache dapat memperlambat Android berjalan jika jumlah yang tersimpan di memori ponsel sangat besar. Selain itu, manfaat yang dirasakan hanya terjadi ketika pengguna menggunakan aplikasi online atau browsing internet.

Ponsel cerdas yang telah digunakan selama lebih dari satu tahun biasanya mengalami masalah kinerja karena banyaknya data yang di-cache. Namun, pengguna tidak perlu khawatir dengan kinerja smartphone, tetapi smartphone terus melambat.

Anda dapat menghapus data cache dan mengembalikan kinerja ponsel cerdas Anda. Dengan mengosongkan data cache secara teratur, Anda dapat memastikan kinerja yang stabil bahkan pada smartphone yang sering digunakan untuk browsing dan membuka aplikasi online.

Artikel ini menjelaskan cara menghapus data cache di Android agar tidak mempengaruhi kinerja smartphone Anda. Bagi yang belum tahu cara menghapus data yang di-cache, tim singingadams.com telah merangkum cara-cara yang dirangkum dari berbagai sumber.

Cara Menghapus Data Cache di Android

Buka menu Pengaturan di smartphone Anda dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan menu Aplikasi.

Dari menu Aplikasi, pilih Kelola aplikasi.

Temukan nama aplikasi yang ingin Anda hapus data cachenya, pilih opsi Hapus Data, lalu tekan Clear Cache untuk menghapus data cache untuk aplikasi Anda.

Perlu diingat bahwa semua sistem operasi Android memiliki cara berbeda untuk menghapus data yang di-cache. Namun secara umum cara menghilangkannya hampir sama, hanya menunya saja yang berbeda di sistem Android.

Jika Anda sudah mengetahui cara menghapus data cache di smartphone Android Anda, disarankan untuk menghapus data secara rutin agar tidak mempengaruhi kinerja smartphone Anda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image