Mesir Mulai Izinkan Toilet di Masjid Kembali Dibuka

Sabtu , 23 Oct 2021, 10:17 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Pemerintah Mesir mengizinkan masjid-masjid aktif kembali. Ilustrasi Masjid Sadat Quraisy Mesir
Pemerintah Mesir mengizinkan masjid-masjid aktif kembali. Ilustrasi Masjid Sadat Quraisy Mesir

IHRAM.CO.ID, KAIRO –  Pemerintah Mesir memerintahkan setiap masjid kembali membuka toilet untuk jamaah setelah ditutup selama setahun dengan alasan pencegahan Covid-19. 

 

Terkait

Melalui Kementerian Wakaf Mesir, setiap masjid diperintahkan untuk membuka lagi toilet namun hanya 15 menit sebelum pelaksanaan sholat maktubah (sholat lima waktu).  

Baca Juga

“Toilet di masjid harus dibuka 15 menit sebelum adzan, dan kemudian menutupnya segera setelah sholat berakhir bersamaan dengan penutupan masjid,” kata keputusan yang dikeluarkan Kementerian Wakaf Mesir seperti dilansir Egypt Today pada Sabtu (23/10).  

Akan tetapi ada penambahan waktu pembukaan toilet untuk jamaah ketika Jumat. Kementerian Wakaf Mesir mengatakan toilet akan dibuka 30 menit sebelum adzan pertama sholat Jumat, dan kemudian ditutup segera setelah sholat Jumat berakhir bersamaan dengan penutupan masjid. Selain itu, tindakan pencegahan dan sterilisasi anti Covid-19 kementerian masih berlanjut. 

Pada 19 Maret 2020, Kementerian Wakaf mengimbau kepada seluruh imam (khatib) untuk sebisa mungkin mempersingkat pelaksanaan sholat Jumat. Sejak saat itu, masjid-masjid menutup semua toilet dan tempat wudhu di luar waktu sholat. 

Per Kamis (21/10) Mesir mencatat ada 883 kasus baru Covid-19, 46 kematian dan 819 pasien sembuh. Sehingga total kasus Covid-19 di Mesir menjadi 321.967 kasus, dengan 18.151 kematian dan 271.792 pasien sembuh. 

Konsultan Presiden Bidang Kesehatan Awad Tag el-Din, mengatakan 21 juta warga telah mendapat 32 juta dosis vaksin Covid-19, sebagian belum menerima dosis kedua.      

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini