Universitas di Ontario, Kanada Adakan Acara Bulan Islam

Ahad , 24 Oct 2021, 00:53 WIB Reporter :Puti Almas/ Redaktur : Esthi Maharani
Mahasiswa muslim
Mahasiswa muslim

IHRAM.CO.ID, ONTARIO -- Sebuah universitas di Ontario, Kanada, yaitu Universitas Wilfrid Laurier menyelenggarakan sejumlah acara yang menandai bulan Islam dengan menampilkan budaya Islam, sekaligus menghormati para mahasiswa dan mahasiswi Muslim.

 

Terkait

“Ini adalah kesempatan besar dan menciptakan serta mengembangkan kampus inklusif bagi mahasiswa, fakultas, dan anggota staf seluruhnya,” ujar Selda Sezen, salah seorang mahasiswa Muslim di Universitas Wilfrid, dilansir About Islam, Sabtu (23/10).

Setiap tahun, Kanada selalu merayakan Bulan Sejarah islam pada Oktober. Dalam tema penyelenggaraan acara saat ini, diusung tentang penyembuhan dari rasisme dan Islamofobia.

Di seluruh wilayah Kanada, komunitas Muslim menyelenggarakan acara dengan mengundang masyarakat adat ke masjid, pameran seni, hingga pertemuan lain. Tahun ini, seluruhnya diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran infeksi virus corona jenis baru (Covid-19).

Acara ini bertujuan untuk merayakan, menginformasikan, mendidik, dan berbagi dengan sesama warga Kanada tentang warisan dan kontribusi Muslim yang kaya bagi masyarakat. Salah satu acara yang dihadirkan bertema Understanding and Dismantling. Lokakarya Islamophobia in Classroom and Research yang membahas dampak Islamofobia terhadap Muslim.

“Islamofobia memiliki dampak yang signifikan terhadap pengalaman mahasiswa, dosen, dan staf di kampus, termasuk kesehatan mental, kesejahteraan sosial, keterlibatan kampus, dan juga kinerja akademik anggota komunitas kami,” jelas Sezen.

Sezen berharap acara ini juga akan menciptakan kampus yang inklusif bagi mahasiswa dari semua agama. Peran dosen dan staf dimulai dengan mengenali dampak sentimen Islamofobia terhadap komunitas Muslim di kampus dan memanfaatkan kesempatan Bulan Warisan Islam untuk menyambut, memahami, dan mendukung anggota komunitas ini dan memenuhi kebutuhan mereka.

“Untuk memiliki kampus yang lebih baik, damai dan menciptakan lingkungan hidup yang sehat,” tambah Sezen.

Statistics Canada sebagai badan statistik negara mencatat bahwa Muslim adalah komunitas agama yang tumbuh paling cepat di Kanada. Secara historis, populasi Muslim Kanada meningkat sebesar 82 persen selama dekade terakhir dari sekitar 579.000 pada 2001 menjadi lebih dari 1 juta pada 2011. Muslim juga tercatat mewakili 3,2 persen dari total populasi Kanada.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini