Sabtu 23 Oct 2021 21:21 WIB

Disudutkan Barat, Rusia dan China Gelar Patroli Bersama

Kapal perang Rusia dan China menggelar patroli pertama bersama di Pasifik.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
 Sebuah kapal perang China.
Foto: AP/Mohammad Farooq
Sebuah kapal perang China.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Kapal perang Rusia dan China telah mengggelar patroli bersama pertama kalinya di bagian barat Samudra Pasifik pada 17-23 Oktober. Moskow dan Beijing telah mengembangkan hubungan militer dan diplomatik yang lebih erat dalam beberapa tahun terakhir, pada saat hubungan mereka dengan Barat memburuk.

Patroli bersama angkatan laut Rusia dan China telah diawasi ketat oleh Jepang. Awal pekan ini, Jepang mengatakan, sepuluh kapal dari China dan Rusia berlayar melalui Selat Tsugaru yang memisahkan pulau utama Jepang dan pulau utara Hokkaido. Selat tersebut dianggap sebagai perairan internasional.

Baca Juga

"Sekelompok kapal melewati Selat Tsugaru untuk pertama kalinya sebagai bagian dari patroli,” kata pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia, Sabtu (23/10).

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, tugas patroli itu adalah mengibarkan bendera negara Rusia dan China, serta menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia-Pasifik. Patroli tersebut juga menjaga subyek kegiatan ekonomi maritim kedua negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement