PM Pakistan Kunjungi Masjid Nabawi

Selasa , 26 Oct 2021, 00:02 WIB Reporter :Ratna ajeng tejomukti/ Redaktur : Muhammad Hafil
PM Pakistan Kunjungi Masjid Nabawi
PM Pakistan Kunjungi Masjid Nabawi

IHRAM.CO.ID,MADINAH -- Perdana Menteri Pakistan Imran Khan dan delegasi yang menyertainya tiba di Madinah untuk mengunjungi Masjid Nabawi.

 

Terkait

Di Bandara Internasional Pangeran Mohammed Bin Abdulaziz di Madinah, mereka diterima oleh Pangeran Saud Bin Khalid Al-Faisal, 

Baca Juga

Dilansir di saudigazette.com.sa, Sabtu,  (23/10), Imran Khan dan delegasi pengiringnya kemudian melakukan sholat di Masjid Nabawi. Mereka tiba di Jeddah dari Madinah di kemudian hari.  Dalam kunjungan tersebut, perdana menteri Pakistan dijadwalkan melaksanakan umrah.

Keesokan harinya, Ahad (24/10), Imran Khan bertolak ke Riyadh. Setibanya di Bandara Internasional King Khalid, ia diterima oleh Pangeran Mohammed Bin Abdulrahman, enjabat gubernur Wilayah Riyadh; Pangeran Faisal Bin Abdulaziz Bin Ayyaf, walikota Wilayah Riyadh; Mayor Jenderal Fahd Bin Zaid Al-Mutairi, direktur Kepolisian Daerah Riyadh; dan perwakilan dari protokol kerajaan. Imran Khan akan menghadiri upacara peluncuran “Middle East Green Initiative (MEGI) Summit”, yang diadakan di Riyadh. Dia akan didampingi oleh delegasi tingkat tinggi, termasuk menteri luar negeri dan anggota kabinet lainnya.

Pada KTT MEGI, perdana menteri akan berbagi pandangannya tentang tantangan yang dihadapi negara-negara berkembang akibat perubahan iklim. Dia juga akan menyoroti pengalaman Pakistan dalam meluncurkan solusi berbasis alam untuk mengatasi tantangan lingkungan.

Acara ini adalah yang pertama di kawasan Timur Tengah. Sebelumnya putra mahkota Saudi meluncurkan kampanye "Arab Saudi Hijau" dan "Timur Tengah Hijau" pada Maret 2021 yang bertujuan melindungi alam dan planet ini.

Imran Khan menyambut baik dua inisiatif ini dan menawarkan untuk berbagi pengalaman dan pelajaran dari kampanye“Pakistan Bersih dan Hijau” dan “Tsunami Pohon 10 miliar”. Selain itu dia juga akan melakukan interaksi bilateral dengan pemerintah Saudi, dengan fokus khusus pada memajukan hubungan ekonomi dan perdagangan, menciptakan lebih banyak peluang bagi tenaga kerja Pakistan, dan kesejahteraan Diaspora Pakistan di Saudi.

Kedua belah pihak juga akan bertukar pandangan tentang isu-isu regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama. Selama kunjungan tersebut, Khan juga akan berpartisipasi dalam acara promosi investasi di Pakistan dan berinteraksi dengan investor dan pengusaha terkemuka dari Arab Saudi dan Diaspora Pakistan di Saudi. Forum Investasi Saudi-Pakistan akan diadakan pada 25 Oktober di Riyadh.

Pakistan dan Arab Saudi memiliki hubungan persaudaraan yang lama dan bersejarah, berakar pada keyakinan yang sama, sejarah bersama dan saling mendukung. Arab Saudi adalah rumah bagi lebih dari dua juta orang Pakistan, yang berkontribusi terhadap kemajuan dan kemakmuran kedua negara.

Hubungan tersebut ditandai dengan seringnya kunjungan tingkat tinggi, kerjasama yang erat di segala bidang, dan kerjasama timbal balik dalam isu-isu regional dan internasional, termasuk di OKI Contact Group di Jammu dan Kashmir. Kunjungan tersebut akan meneruskan momentum positif kerja sama antara Pakistan dan Arab Saudi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini