Melawan Islamofobia Adalah Pertempuran Dekolonial

Selasa , 26 Oct 2021, 02:23 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Islamofobia (ilustrasi)
Islamofobia (ilustrasi)

Dekolonisasi di Kanada pertama dan terutama berarti keadilan bagi bangsa, orang, dan komunitas Adat. Ini juga mencakup pergeseran pemikiran dari mentalitas kolonialis yang telah menindas dan tidak manusiawi cara hidup non-Eropa. Dekolonisasi berarti meluangkan waktu untuk memahami bagaimana penjajahan selama berabad-abad, secara lokal dan global, telah melanggar begitu banyak hal yang dianggap suci bagi banyak orang.

 

Terkait

"Perjuangan untuk dekolonisasi adalah tentang kedaulatan Pribumi dan jiwa pemukim. Ini mencakup bagaimana kita hidup, berinteraksi, dan memahami satu sama lain," jelas Tobah.

Bicara tentang Islamofobia di Kanada, penting untuk diketahui bahwa itu tidak dimulai dengan penembakan masjid Quebec atau undang-undang yang ingin mendikte apa yang dikenakan wanita Muslim. Karena ini terkait dengan sejarah kolonialis yang menganggap Muslim sebagai entitas asing yang tidak dapat ditebus yang memerlukan pengawasan, kecurigaan, dan kontrol.

"Memahami bahwa perang melawan Islamofobia secara inheren merupakan bentuk dekolonial adalah kunci untuk membongkar budaya dan sistem yang menjunjungnya," papar Tobah.