Ibadah Haji Sarana Meningkatkan Ukhuwah Islamiyah

Selasa , 26 Oct 2021, 14:43 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
Ibadah Haji Sarana Meningkatkan Ukhuwah Islamiyah. Foto:   Jamaah haji sedang wukuf di Arafah (Ilustrasi)
Ibadah Haji Sarana Meningkatkan Ukhuwah Islamiyah. Foto: Jamaah haji sedang wukuf di Arafah (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Ibadah haji tidak hanya sekedar hubungan seorang hamba dengan Allah SWT saja, namun juga erat kaitannya dengan hubungan seorang hamba terhadap saudaranya seiman. Dalam hal ini kita menyebutnya, sebagai ukhuwah Islamiah (persaudaraan sesama muslim).

 

Terkait

 

Baca Juga

"Haji adalah salah satu sarana penting dalam mewujudkan ukhuwah," tulis H. Wahid Hasyim Asyrafi, Lc dalam Haji dan Ukhuwah.

Ibadah haji merupakan momen berkumpulnya kaum muslimin dari berbagai penjuru dunia, dengan berbagai macam bahasa, budaya, karakter,  bentuk fisik, dan ciri khas lainnya. Bahkan ada yang mengistilahkan ibadah haji merupakan muktamar kaum muslimin terbesar, karena dengan ibadah ini kaum muslimin dapat mengenal dan mengetahui saudaranya dari berbagai belahan dunia.

"Ini merupakan simbol persatuan Islam yang paling nyata, bila shalat adalah simbol persatuan Islam karena seluruh kaum muslimin menghadap ke satu kiblat, maka ibadah haji lebih dari itu, karena simbol persatuan umat di sini terlihat lebih jelas dan tidak hanya bersifat maknawi," katanya.

Kita bisa menyaksikan dengan jelas bagaimana mereka datang ke tanah suci dengan pakaian yang sama, mengucapkan talbiyah dengan lafadz yang sama, thawaf, sa’i, wukuf, dan mabit semua dilaksanakan dengan bersama di tempat-tempat yang sama. Maka sungguh Mahabenar firman Allah yang artinya: 

"Sesungguhnya [agama Tauhid] ini adalah agama kamu semua; agama yang satu dan aku adalah Robbmu, maka beribadahlah kepadaKu." ( Al-Anbiya’: 92).

Dan sungguh indah apa yang dipesankan oleh Rasulullah SAW dalam khotbah beliau yang disampaikan pada saat haji wada’ kepada seluruh sahabatnya kaum muslimin pada saat itu, dan menjadi pesan berharga untuk seluruh umatnya sepanjang zaman, beliau berseru:

“Wahai manusia sesungguhnya Rabb kalian adalah satu, dan ayah kalian juga satu (Adam as) maka sesungguhnya bangsa Arab itu tidaklah lebih mulia dari selain bangsa Arab, dan bangsa selain Arab tidaklah lebih mulia dari pada bangsa Arab, begitu pula orang yang berkulit merah tidaklah lebih mulia dari orang yang berkulit hitam, dan orang yang berkulit hitam tidaklah lebih mulia dari orang yang berkulit merah kecuali dengan takwa.” (HR. Ahmad).

Maka ibadah haji merupakan ibadah yang mengingatkan seluruh kaum muslimin akan wajibnya memelihara sekaligus menguatkan jalinan ukhuwah Islamiah. Selain itu ibadah ini menyegarkan mereka kembali agar menjadi seperti yang diinginkan oleh Allah Ta’ala dalam firmanNya yang artinya: 

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara, sebab itu damaikanlah [perbaikilah hubungan] antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat." (Al-Hujurat: 10).

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini