Selasa 26 Oct 2021 16:28 WIB

Sleman Siapkan Koperasi dan UMKM Expo

Untuk mendorong kepada koperasi dan UMKM untuk lebih maju dan berkembang.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
Sleman Siapkan Koperasi dan UMKM Expo (ilustrasi).
Foto: Antara/Makna Zaezar
Sleman Siapkan Koperasi dan UMKM Expo (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Pemkab Sleman akan kembali melaksanakan Koperasi dan UMKM Expo, yang sekaligus dalam rangkaian Hari Koperasi 74 Indonesia yang jatuh setiap 12 Juli. Agenda itu akan diselenggarakan di Atrium Hartono Mal pada 28 Oktober 2021.

Kepala Bidang Koperasi Dinkop Sleman, Teguh Budiyanta mengatakan, kegiatan itu merupakan agenda yang sebelumnya tertunda. Dikarenakan kondisi pandemi covid yang melanda seluruh dunia dan sempat alami peningkatan beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Sleman sudah merencanakan pelaksanaan Hari Koperasi 74 Indonesia tingkat Kabupaten Sleman. Namun, karena kondisi pandemi covid baru dapat berlangsung pada 28-31 Oktober 2021 mendatang.

Teguh mengungkapkan, kegiatan tersebut mengusung tema Mewirausahakan Koperasi dan Mengkoperasikan Wirausaha. Ia berpendapat, tema tersebut selaras dengan langkah pemerintah dalam rangka penguatan pemberdayaan koperasi dan UMKM.

Untuk mendukung penguatan pemberdayaan koperasi dan UMKM, pemerintah telah pula menerbitkan UU Nomor 11/2020 tentang Cipta Kerja. Peraturan Pemerintah Nomor 7/2021 tentang Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM.

"Hal tersebut dimaksudkan untuk mendorong kepada koperasi dan UMKM untuk lebih maju dan berkembang," kata Teguh, Selasa (26/10).

Terkait pelaksanaan kegiatan Koperasi dan UMKM Expo 2021, ia menerangkan, akan menampilkan beragam produk-produk dari pelaku usaha koperasi dan UMKM. Tentu, lanjut Teguh, yang ada di Kabupaten Sleman serta potensi dan peluang bisnisnya.

Adapun rangkaian kegiatan yang ada diselenggarakan dalam Koperasi dan UMKM Expo 2021 salah satunya yaitu pameran produk koperasi dan UMKM. Dengan menghadirkan 54 stan-stan yang diisi 19 koperasi, 57 UMKM dan tiga BUMD yang ada di Sleman.

Untuk produk-produk yang dipamerkan dalam acara tersebut antara lain kerajinan, busana, kuliner, flora, aneka jasa dan kegiatan-kegiatan lain. Ada pula pameran daring berbasis situs web yang bisa dikunjungi di alamat https://kukmslemanexpo.com.

Lalu, Koperasi dan UMKM Expo dimeriahkan pemilihan Duta Koperasi Kabupaten Sleman 2021 mulai dari malam unjuk bakat dan grand final. Kemudian, penyerahan penghargaan bagi koperasi-koperasi berprestasi yang ada di Sleman pada 2021.

Disediakan pula pojok konsultasi KUMKM untuk pendampingan pembuatan NIB serta konsultasi bagi koperasi dan UMKM. Serta, bincang-bincang tentang modernisasi koperasi, lokakarya phonegraphy, bincang-bincang gizi dan lokakarya macrame.

"Ini merupakan wahana strategis guna memfasilitasi interaksi bisnis secara langsung khususnya antara pelaku usaha koperasi dan UMKM dengan masyarakat," ujar Teguh. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement